BPJS Tak Lagi Gratis, Kini Hanya Tanggung Pasien Gawat Darurat

857

MADIUN – Kemudahan peserta BPJS mendapatkan klaim penggantian pelayanan medis dibatasi. Terutama mereka yang masuk ke ruang instalasi gawat darurat (IGD). Sesuai peraturan BPJS 1/2018, pasien di luar kasus gawat darurat tidak bisa lagi mendapatkan fasilitas klaim penggantian pelayanan. ’’Intinya semua pasien yang datang ke IGD bisa ditangani. Cuma masalah pembayarannya beda,’’ kata Kabid Pelayanan RSUD Kota Madiun Denik Wuryani kemarin (27/1).

Dengan kata lain, BPJS tidak menanggung klaim pembiayaan bagi pasien yang datang ke rumah sakit tidak dalam kasus gawat darurat. Adapun kriteria pasien dengan kasus gawat darurat itu seperti yang mengancam nyawa, gangguan pada jalan napas atau pernapasan, penurunan kesadaran, dan gangguan hemodinamik.

Serta penyakit yang memerlukan tindakan segera dan gejala psikotik yang membahayakan atau kegawatdaruratan lain di bidang psikiatri. ’’Hal-hal ini yang belum banyak dipahami oleh masyarakat. Pada umumnya, mereka kalau sakit langsung dibawa ke IGD. Padahal, tidak semuanya itu masuk gawat darurat,’’ terangnya.

Lazimnya, kata Denik, di IGD, triage atau pemilahan berdasar kondisi kegawatdaruratan akan dilakukan. Sehingga pasien yang membutuhkan bantuan medis lebih cepat akan didahulukan. Tapi, pasien yang datang ke IGD rata-rata mempunyai persepsi bahwa sakitnya gawat dan berekspektasi segera ditangani. Karena itu, setelah dilakukan triage, pasien dengan level kegawatan yang lebih rendah disarankan petugas untuk berobat ke puskesmas atau klinik umum selama jam operasional. ’’Kalau pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) tidak bisa menangani, baru diberi rujukan,’’ jelasnya.

Denik mencontohkan ketika ada pasien yang datang ke IGD karena mengeluhkan sakit diare terus-menerus. Pihaknya tetap akan melayani. Hanya, biaya klaim medis pasien tidak ditanggung BPJS. Kendati yang bersangkutan terdaftar sebagai peserta BPJS. ’’Banyak sebenarnya yang pembiayaannya ditanggung. Tapi, harus memenuhi kriteria,’’ ujar Denik. (her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here