BPBD Pastikan Gerhana Perige Tak Berdampak di Pacitan

72

PACITAN – Fenomena purnama perige atau dikenal dengan supermoon sempat membuat warga Pacitan waswas. Terutama mereka yang bermukim di pesisir Samudra Indonesia. Ancaman rob atau banjir akibat laut pasang dikhawatirkan bakal melanda. ‘’Kami pastikan tak ada dampak kerusakan akibat rob,’’ kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Dianita Agustinawati kemarin (21/1).

Dianita mengungkapkan, memang sempat ada tanda-tanda kenaikan permukaan air laut di beberapa wilayah seputar kota. Di antaranya Pantai Teleng Ria dan Pelabuhan Tamperan pada Minggu dini hari (20/1). Namun, pihaknya memastikan tak sampai ke permukiman warga. Pun tak ada laporan kerusakan terdampak supermoon tersebut. Pasalnya, berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tak ada dampak di Pacitan. ‘’Untuk pantai selatan tak terdampak langsung, berbeda dengan pantai utara (Jawa),’’ ujarnya.

Meski tak ada ancaman bencana, namun Dianita mengimbau warga untuk tetap waspada. Pasalnya, pihaknya mencatat puncak purnama bakal terjadi Selasa (22/1) pukul 02.59 dini hari. Dia memprediksi tinggi gelombang serta naiknya permukaan air laut tak akan jauh beda dengan hari sebelumnya. ‘’Fenomena tersebut (supermoon, Red) tidak teramati di Pacitan (kota, Red), hanya bisa dilihat di beberapa tempat,’’ paparnya.

Fenomena purnama perige merupakan kondisi di mana jarak bulan dan bumi dalam rentang terdekat. Bulan bakal tampak lebih besar hingga 14 persen ketimbang biasanya. Pun kecerahannya lebih mencolok hingga 30 persen. Meski jika dilihat dengan mata normal kondisi tersebut sulit dibedakan. Di Pacitan (kota) fenomena unik tersebut tak dapat terlihat meski berbarengan dengan gerhana bulan.

BPBD mencatat potensi kenaikan gelombang mencapai dua hingga tiga meter bakal terjadi di perairan Pacitan. Hal tersebut lantaran ada perbedaan masa udara di sekitar Samudra Indonesia. Tak hanya berdampak pada meningginya gelombang. Cuaca juga bakal berubah-ubah. Terlebih potensi turun hujan di seputaran Kota 1001 Gua tersebut. ‘’Seperti hari ini (kemarin, Red) kami mencatat setidaknya hujan di Pacitan merata meski kondisinya tak begitu lebat dan hanya hujan ringan hingga sedang,’’ sebutnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here