BPBD Kirim Personel ke Ponorogo Bantu Pencarian Santri Tenggelam

113

PACITAN – Insiden empat santri tenggelam di Ponorogo Senin sore (14/1) membawa duka hingga Pacitan. Pasalnya, dua dari empat korban berasal dari Kota 1001 Gua. Mereka tengah nyantri di Pondok Pesantren (Ponpes) Hudatul Muna I, Jenes, Ponorogo. Yakni, Miftahul Huda asal Ngadirojo dan Bambang Irawan asal Bandar. ‘’Keduanya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Pujono kemarin (15/1).

Meski kejadiannya di Sungai Tempuran, Ponorogo, namun BPBD Pacitan menerjunkan delapan personel tim reaksi cepat (TRC) dan seorang anggota pusat data informasi (pusdatin) ke lokasi untuk membantu pencarian. Mereka berbekal dua unit alat selam, empat alat snorkeling, serta perahu karet dan lainnya. Mereka menyisir sungai yang diperkirakan berkedalaman lebih dari lima meter itu.

Pujono juga memastikan diterjunkannya satu regu tersebut bukan lantaran ada korban dari Pacitan semata. Namun, murni aksi solidaritas para petugas BPBD. Hal serupa juga dilakukan BPBD dari daerah lain. Yakni, dari Madiun dan tim SAR Trenggalek. Bahkan, saat Pacitan tertimpa bencana, petugas BPBD daerah lain juga bahu-membahu membantu. ‘’Tidak ada fokus individu, proses pencarian karena aksi solidaritas dan tolong-menolong antardaerah,’’ terang Pujono.

Jika dibutuhkan, pihaknya bakal terus menyiagakan petugas hingga tujuh hari sejak kejadian berlangsung. Hal tersebut sesuai standar operasi. ‘’Tim kami berangkat dari Pacitan Senin lalu (14/1) sekitar pukul sebelas malam,’’ bebernya.

Sementara itu, korban Miftahul Huda, 14, dipastikan telah sampai di rumah duka, Desa Wonodadi Kulon, Ngadirojo, Pacitan. Pun, korban langsung dimakamkan di tempat pemakaman desa setempat. “Malamnya langsung dibawa dengan ambulans ke Pacitan,’’ imbuh Pujono.

Sementara Bambang Irawan, 16, warga Desa Petungsinarang, Bandar, Pacitan, ditemukan sekitar pukul 17.00 kemarin (15/1). Saat berita ini ditulis, jasad korban telah dievakuasi dan disemayamkan di RSUD Ponorogo untuk selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here