Bocah 1,5 Tahun Minum Air Aki

73

PACITAN – RAN, bocah 1,5 tahun asal Desa Sumberharjo, Pacitan, hanya bisa tergolek lemas di rumah sakit. Empat hari lebih balita tersebut menjalani perawatan intensif di ICU RSUD dr Darsono Pacitan lantaran minum air aki. ‘’Masuk rumah sakit Sabtu lalu (9/3),’’ kata Suyatmi, kasi informasi dan pengaduan rumah sakit setempat, kemarin (12/3).

Saat masuk rumah sakit, meski dalam keadaan sadar, namun kondisi bocah tersebut sangat lemah. Petugas memutuskan memasang nasogastric cup untuk mengecek kondisi organ dalam RAN. Diduga beberapa organ dalam rusak akibat korosi air aki. ‘’Lantaran bukan semestinya diminum, jadi organ dalamnya terkikis,’’ ujarnya.

Lantaran kondisi pasien tak kunjung membaik, Senin lalu (11/3) pihaknya merujuk ke RSUD dr Moewardi Surakarta, Jawa Tengah.  Sebab, butuh peralatan lebih lengkap dan pemeriksaan penunjang lain. ‘’Info terakhir, kondisi pasien masih lemas, tapi dalam keadaan sadar,’’ ungkapnya.

Suyatmi berharap kejadian tersebut jadi pelajaran para orang tua dalam mengawasi buah hatinya. Terlebih saat di tempat berbahaya. Dia juga menyayangkan bocah yang baru bisa berjalan itu bermain dekat barang bukan semestinya. ‘’Semoga ini jadi pelajaran untuk semua orang tua dan RAN segera sembuh,’’ harap Suyatmi.

Informasinya, kejadian tersebut berawal saat RAN bermain di halaman rumahnya di Desa Sumberharjo. Lantaran berbatasan dengan bengkel kendaraan, bocah tersebut tak sengaja bermain air aki dalam botol kemasan plastik. Dikira air minum kemasan, RAN lantas meminumnya hingga membuatnya harus dilarikan ke rumah sakit. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here