Ponorogo

BLT Dana Desa Disalurkan ke 21.232 KPM

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) mulai disalurkan di Ponorogo Senin (18/5). Dari pendataan sementara, total 21.232 keluarga penerima manfaat (KPM). Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mewanti seluruh pemerintah desa cermat mendata serta bertanggung jawab dalam penyalurannya. ‘’Harus hati-hati mendata dan merealisasikannya,’’ kata Ipong.

Penyaluran perdana BLT DD dilaksanakan simbolis di Jetis, Sooko. Total 34 desa yang telah menyalurkan BLT DD perdana. Sampai Jumat (22/5), Ipong mengestimasikan lebih dari 200 desa siap merealisasikan bantuan tersebut. ‘’Selama ini pembagian BLT DD terkesan lambat. Sesungguhnya tidak, karena perintah dari Kementerian Desa baru kami terima 27 April,’’ terangnya.

Ipong menyebut, seluruh desa berhati-hati mempersiapkan penyaluran BLT DD. Sebab, kriterianya cukup jelas. Antara lain, warga miskin, tidak pernah mendapat bantuan sosial, serta terdampak pandemi Covid-19. ‘’Sebagai bentuk kehati-hatian, desa menggelar musyawarah untuk memverifikasi calon penerima. Satu per satu nama dibacakan. Kalau dinilai tidak pantas, ya deleted,’’ kata dia.

Tak hanya tingkat desa, proses verifikasi juga kembali dilakukan di kecamatan dan kabupaten. Karena itu, Ipong optimistis BLT DD akurat. Meski demikian, pihaknya tetap membuka pintu bagi warga yang belum terdata. ‘’Kalau masih ada yang merasa berhak tapi belum terdata, saya minta agar kepala desa segera proses. Supaya dapat segera diverifikasi dan disalurkan. Harapannya, transparansi dapat berjalan,’’ jelasnya. ‘’Berulang kali saya ingatkan, hati-hati kepala desa dan perangkat desa. BLT DD harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab karena nanti apa pun pasti akan ada konsekuensinya,’’ imbuh bupati. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close