Ponorogo

Blangko Habis, Pakai Suket Lagi

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Puluhan ribu warga Ponorogo tengah menunggu. Meski sudah lama ikut perekaman, kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) mereka belum juga tercetak. Karena lambannya alokasi blangko dari Kemendagri.

Warga pun mendapatkan lembaran surat keterangan (suket) elektronik pengganti e-KTP. Dalam tiga bulan terakhir, sudah tercetak sekitar 23.875 lembar suket elektronik. ‘’Keterlambatan blangko ini kami antisipasi dengan menerbitkan suket,’’ kata Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Ponorogo Heru Purwanto.

Diakuinya, suket mempunyai batas masa berlaku sampai enam bulan. Jika kedaluwarsa, warga diminta mengajukan pembaruan kembali ke dispendukcapil. Hal itu terpaksa diberlakukan sampai kebutuhan blangko tercukupi. ‘’Perkiraan awal tahun, antara Februari atau Maret. Jika sudah ada akan segera kami selesaikan tunggakan-tunggakan penerbitan e-KTP untuk pemegang suket,’’ ujarnya.

Heru memastikan belum ada komplain dari warga terkait kepemilikan suket tersebut. Karena peruntukan suket itu sama dengan e-KTP. Bisa digunakan untuk mengurus perpanjangan atau pembuatan SIM, membuka rekening bank, hingga mendaftar seleksi CPNS. ‘’Prinsipnya suket bisa digunakan untuk banyak hal juga,’’ ungkapnya.

Pihaknya memastikan pencetakan e-KTP bakal dilakukan secepatnya setelah blangko tiba. Untuk mempermudah pelayanan, pihaknya akan mendistribusikan langsung e-KTP ke masing-masing desa. ‘’Mekanisme ini sudah mulai kami terapkan tahun ini dengan pendistribusian melalui desa-desa. Perkiraan awal tahun dari pusat blangko mulai didistribusi,’’ katanya. (naz/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close