Bingung Ongkos Pulang, Wong Tuban Jarah Kotak Amal Masjid

168

NGAWI – Sungguh terlalu. Muhamad Rinza, 50, nekat menjarah isi kotak amal Masjid Baiturrohman di Dusun Grojogan, Kalang, Pitu. Apes, ulah panjang tangannya dipergoki salah seorang pengurus masjid hingga pria asal Desa Margosari, Singgahan, Tuban, itu akhirnya diringkus polisi.

Kasubag Humas Polres Ngawi Kompol Eko Setyomartono menjelaskan, aksi pencurian itu terjadi pada Minggu lalu (6/1) sekitar pukul 13.00. Pengurus masjid yang memergokinya sedang menguras isi kotak amal lalu melaporkan kejadian tersebut ke kantor polisi terdekat. ‘’Saat tepergok, uang Rp 442.500 di dalam kotak amal sudah dimasukkan ke tas pelaku,’’ ujar Eko kemarin (7/1).

Rinza yang ketangkap basah beserta barang bukti uang ratusan ribu membuatnya hanya bisa pasrah saat digelandang ke Mapolsek Pitu. Bersamaan itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain, 10 anak kunci milik pelaku, satu unit motor Yamaha Vixion nopol S 5537 E, dan sebuah tas ransel hitam.

Tidak ketinggalan, satu buah kotak amal plus gembok dan tiga anak kunci aslinya serta uang senilai Rp 442.500, turut diamankan polisi sebagai barang bukti. ‘’Tersangka mengaku ke Ngawi untuk menawarkan kompresor untuk cuci mobil, tapi kehabisan ongkos untuk pulang,’’ imbuh Eko.

Akibat perbuatannya, Rinza dijerat pasal 363 KUHP tentang  pencurian. ‘’Tersangka terancam hukuman maksimal lima tahun penjara,’’ pungkasnya. (mg8/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here