Ponorogo

Bikin Petani Resah, Kawanan Kera Rusak Ladang Jagung

PONOROGOJawa Pos Radar Ponorogo – Lahan jagung Desa Nglurup, Sampung, Ponorogo, dirusak kawanan kera liar dalam dua pekan terakhir. Kondisi itu membuat sejumlah petaninya resah. Mengingat bulan ini memasuki panen raya tongkol jagung. ‘’Khawatir gagal panen,’’ kata Mini, 58, salah seorang petani jagung desa setempat, Minggu (20/10).

Mini menanam jagung di lahan seluas 1.000 meter persegi. Sedikitnya satu kuintal jagung menjadi rebutan kera liar tersebut. Tongkolnya ada yang hilang atau rusak karena digigit. Padahal, waktu panen tinggal menghitung hari. ‘’Kalau ditotal sekitar 10 petak lahan jagung petani di sini yang terdampak,’’ ungkapnya.

Kawanan kera itu tinggal di hutan tidak jauh dari ladang jagung. Serangannya diketahui dua pekan lalu. Hewan mamalia tersebut datang tidak tentu, bisa pagi atau sore. ‘’Tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada serangan kera,’’ ujar Mini.

Dia mengungkapkan, petani melakukan antisipasi dengan berjaga bergantian di ladang. Mereka menggunakan kentongan dan membuat orang-orangan sawah untuk mengusir hewan tersebut. ‘’Mungkin turun ke ladang karena susah cari makan akibat kebakaran hutan,’’ duganya.

Mini berharap pemerintah desa (pemdes) bisa membantu menangani permasalahan serangan kera tersebut. ‘’Biar tenang menanam jagung,’’  ucap Mini. (dil/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
close
PENGUMUMAN
Close