Biang Kebakaran Toko Kusuma Indah Belum Terungkap

271

MADIUN – Biang kebakaran lantai 2 Toko Kusuma Indah di Jalan PB Sudirman belum terungkap. Polisi pun masih menutup rapat informasi besaran kerugian. ’’Penyelidikan masih berlanjut. Kami akan libatkan tim Labfor Polda Jatim untuk olah TKP,’’ kata Kapolsek Kartoharjo Kompol Eddy Siswanto kemarin (20/1).

Lantas bagaimana perkembangannya? Eddy kembali menjawab bahwa polisi masih berfokus pada penyelidikan. Sementara, bangunan toko tiga lantai itu disterilkan. Kebakaran hebat itu terjadi di lantai 2. Api tidak sampai menjalar ke lantai 1 yang dipakai untuk toko dan lantai 3 yang diperuntukkan sebagai rumah oleh Kong Sin Sin alias Agus, pemilik toko elektronik tersebut. ’’Setelah kejadian, Pak Agus mau tidur di dalam tapi kami larang. Sudah disarankan menginap di saudara karena rumahnya ya di toko itu (lantai 3, Red),’’ ujarnya.

Di lantai 2 itu hanya ada sebuah lemari es yang masih menyala. Selebihnya barang dagangan dan perkakas. Lantai 2 memang diperuntukkan sebagai gudang. ‘’Tapi, penyebabnya apakah dari kulkas atau dari mana, saya belum berani memberi keterangan karena belum cek ke dalam toko,’’  terang Eddy.

Saat  kejadian Agus  bersama keluarganya sedang melayani pembeli. Saat itu toko sedang ramai pembeli. Agus  mengaku tidak mencium  bau hangus. Dia baru mengetahui kepulan asap putih membubung tinggi ke udara dari warga sekitar. Kebakaran terjadi di lantai 2. Tiga ruangan yang dimanfaatkan untuk gudang di lantai 2 nyaris ludes. ’’Lantai 1 dan 3 tidak terdampak kebakaran,’’ tutur Eddy.

Peristiwa kebakaran di kawasan pertokoan di Jalan PB Sudirman, tepatnya persis di depan kantor Bank Mega, Sabtu (19/1), itu membuat petugas pemadam kebakaran (damkar) berjuang ekstra. Lima mobil PMK dikerahkan. Akses jalan di PB Sudirman menuju Jalan Mastrip ditutup sampai malam. Toko Kusuma Indah yang menjual barang-barang elektronik di kawasan tersebut dilahap si jago merah sekitar pukul 17.10.

Dua petugas BPBD yang ikut membantu petugas damkar sampai nyaris lemas lantaran kehabisan oksigen. Proses pemadaman memang sulit. Sebab, ruangan di lantai 2 tertutup rapat. Kondisi itu mengakibatkan asap memenuhi ruangan. (mg2/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here