Madiun

Besok, Dewan Kota Boyongan ke Taman Praja

MADIUN – Anggota DPRD Kota Madiun punya ”rumah” baru. Letaknya di Jalan Taman Praja. Rumah anyar itu berdiri di atas lahan seluas dua hektare. Dengan nilai pembangunan awal sebesar Rp 29,3 miliar pada 2015. Kemudian dilanjutkan pada 2018 dengan menelan anggaran sekitar Rp 19,3 miliar.

Kini gedung berlantai dua tersebut sudah siap ditempati. Sebanyak 30 anggota dewan periode 2014–2019 beserta staf sekretariat DPRD bakal boyongan secara resmi besok (28/3) dengan cara gowes dari gedung lama di Jalan Perintis Kemerdekaan. Puluhan cyclist dari berbagai komunitas bersepeda di Kota Karismatik akan menemani para wakil rakyat tersebut.

Kemarin (26/3) Jawa Pos Radar Madiun sempat me-review Gedung Taman Praja dengan ditemani Ketua Komisi III Bondan Panji Saputro dan Sekretaris DPRD (Sekwan) Kota Madiun Misdi. Soal fasilitas gedung baru, Panji mengatakan masing-masing anggota DPRD akan memiliki ruang sendiri. Ruangan tersebut berukuran 2,5×3 meter. Bahkan, untuk pimpinan DPRD lebih luas. ’’Juga dilengkapi ruangan press room,’’ katanya.

Meski demikian, masih ada beberapa ruangan yang kosong. Misalnya ruang rapat alat kelengkapan dewan (AKD) atau yang nantinya bakal difungsikan sebagai tempat untuk menggelar rapat dengar pendapat (RDP). Hal itu karena memang belum tersedianya sarana prasarana (sarpras) seperti perabot atau mebeler. Bahkan, saat ini anggota dewan masih memanfaatkan perabotan lama yang diboyong dari Gedung Perintis.

Panji mengungkapkan, sesuai informasi dari sekwan, kelengkapan sarpras baru bisa dicukupi tahun ini. Di mana pengadaan sarpras dibagi dalam tiga kegiatan. Meliputi pengadaan sound system di ruang rapat paripurna, LCD (liquid crystal display) screen, dan peralatan arus lemah senilai Rp 3,1 miliar. Kemudian, pengadaan mebeler atau interior senilai Rp 7,7 miliar. Serta, genset dengan kapasitas 500 kV senilai Rp 1,3 miliar. ’’Perawatan dan pemeliharaan gedung ini juga harus dipikirkan ke depannya,’’ ujar Panji.

Yang jelas, Panji menyatakan puas dengan hasil kinerja pengguna anggaran (PA) atas pembangunan gedung baru DPRD Kota Madiun. Dari skala 100, dia memberi nilai 97. Sementara, 3 poin lainnya berupa pembenahan taman. Pihaknya juga mendorong adanya peningkatan kinerja sekretariat DPRD. Apalagi, fasilitas ruangan yang nanti bakal ditempati oleh sekwan sangat luas. (her/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close