AdvertorialPacitan

Berwawasan Lingkungan, PT PLN Tanam 3.015 Pepohonan

Gelar Aksi di Pantai Pancer Door dan TPA Dadapan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan– Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2019, PT PLN (Persero) menggadakan penanaman 3.015 pohon di Kabupaten Pacitan. Kegiatan tersebut diawali penyerahan secara simbolis bibit pohon dari Manager PLN UP3 Ponorogo Redi Zusanto kepada Bupati Pacitan Indartato. Selanjutnya penanaman bibit pohon digelar di Pantai Pancer Door didampingi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Wilayah Pacitan, Kamis (28/11).

Redi, sapaan akrab Redi Zusanto mengungkap 3.015 bibit pohon yang diserahkan meliputi 2000 jenis cemara udang. Sedangkan sebanyak 1015 bibit sisanya jenis buah-buahan. Diantaranya mangga, jambu, durian, alpukat dan lainnya. Berbeda dengan bibit pohon cemara udang, untuk bibit buah-buahan ditanam di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Dadapan saat musim penghujan.

Kegiatan penanaman pohon melalui program bina lingkungan PLN Peduli sesuai dengan konsep perusahaannya. Menjalankan bisnis ketenagalistrikan yang berwawasan lingkungan. ”Kebetulan Pacitan dilanda kekeringan sangat panjang. Dengan adanya aksi ini akan lebih bermanfaat untuk masyarakat. Tanaman ini kelak tumbuh dengan baik dan menghasilkan O2 yang bagus untuk kesehatan,” bebernya.

Dia menambahkan jika Pancer Door dipilih dalam kegiatan menanam pohon tahun ini lantaran pertimbangan kondisi gelombang laut yang tinggi. Harapannya dengan penanaman pohon cemara udang nantinya mampu mencegah terjadinya abrasi. Sedangkan sasaran penanaman pohon tahun berikutnya menurutnya wilayah yang rawan longsor. “Kedepanya kami akan melakukan penanaman pohon  keras untuk daerah yang gundul atau rawan longsor,” ungkapnya.

Bupati Pacitan Indartato mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PT PLN. Pasalnya bantuan melalui program bina lingkungan PT PLN Peduli tersebut memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Pacitan. Selain memberikan kesejukan di kawasan Pancer Door, penanaman pohon cemara udang  tersebut menurutnya mengurangi resiko akibat bencana tsunami. ”Kami ucapkan banyak terima kasih. Karena sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat kedepan,” tuturnya. (ti1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close