Bersihkan Hati hingga Serambi

16

BULAN suci tak cukup membersihkan hati. Kebersihan tempat ibadah juga harus diperhatikan. Kemarin (5/3), sebanyak 75 personil dikerahkan untuk membersihkan Masjid Agung R.M.A.A Tjokronegoro, Masjid Nahdhlatul Ulama (NU) dan Masjid Duwur.

Seluruh personil yang sudah dibekali alat bersih-bersih langsung menyebar ke tiap sudut masjid. Mulai serambi, ruang dalam, tempat wudhu hingga selokan di sekitar masjid. ‘’Kami membantu warga dengan terjun langsung membersihkan masjid,’’ kata Kapolres Ponorogo AKBP Radiant.

Radiant menjelaskan kegiatan bersih-bersih masjid ini rutin digelar setiap tahunnya. Dengan harapan, masjid yang bersih dapat membantu kekhusyukan jamaah dalam beribadah. ‘’Tugas kami tak sebatas menegakkan hukum. Juga, melebur dalam berbagai kegiatan warga,’’ lanjutnya.

Supardi, warga setempat mengaku senang dengan keterlibatan polisi dalam kebersihan masjid. Itu bisa mendekatkan hubungan dengan warga di sekitar masjid. Terlebih mendekati bulan suci ini. Mengingat, jumlah warga yang gotong-royong semakin menyusut tiap tahunnya. Lebih banyak dilakukan pengurus masjid. ‘’Ini mengajarkan kepada kita semua bahwa masjid ini miliki kita bersama. Jadi harus dirawat dengan baik,’’ ucapnya. (mg7/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here