Berpaling dari Karate, Alexandro Tatim Bersinar lewat Tinju

93

Sasana Soerjo tidak pernah kehabisan talenta muda. Alexandro Tatim semakin menunjukkan potensinya sebagai atlet tinju masa depan. Kejurnas tinju amatir junior 2017 menjadi bukti bakat besarnya.

———————-

MENGENAKAN gloves (sarung tinju), Alexandro Tatim tampak serius saat memukuli samsak yang menggantung di salah satu sudut Sasana Soerjo di kompleks kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ngawi. Pukulan kedua tangannya terus menghujani peranti itu seolah dia sedang bertarung dengan lawan tangguh. ‘’Ya seperti ini kalau latihan,’’ ujarnya sambil menyeka keringatnya yang bercucuran di dahi.

Andro –sapaan akrab Alexandro Tatim- tidak pernah menyangka bakal menjadi atlet tinju. Maklum, kala masih belia dia tertarik menekuni karate. ‘’Waktu kelas V SD, kakak memaksa saya agar menggeluti tinju, katanya lebih menjanjikan,’’ kenang remaja berdarah Nusa Tenggara Timur itu.

Ternyata ajakan sang kakak tidak keliru. Kali pertama turun di kejuaraan resmi, Andro berhasil meraih juara. ‘’Seingat saya, waktu itu masih kelas V SD juga,’’ ungkap anak ketiga dari empat bersaudara yang lahir dan besar di lingkungan keluarga atlet ini.

Sejak itu pula Andro mulai yakin dirinya berjodoh dengan olahraga tinju. Kini setelah enam tahun menggeluti tinju, sudah banyak prestasi yang berhasil diraih pelajar kelas X SMA ini. ‘’Ada yang tingkat kabupaten dan provinsi. Yang paling tinggi waktu dapat juara di kejurnas tinju amatir junior di Kupang 2017,’’ sebutnya.

Sederet prestasi itu tidak datang begitu saja. Andro harus rajin menjaga tubuhnya agar tetap di bobot ideal. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan sehat. ‘’Menghindari gorengan karena bisa menimbulkan lemak dalam tubuh,’’ ucap warga Desa Karang Tengah, Prandon, Ngawi, ini.

Di usianya yang masih 17 tahun, Andro digadang-gadang menjadi rising star di kancah tinju nasional. Pun, Andro bermimpi kelak bisa mewakili Indonesia di ajang kejuaraan akbar seperti Sea Games dan Asian Games. ‘’Papa saya pasti bangga kalau saya bisa mewakili Indonesia,’’ ucapnya. ***(isd/c1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here