Berkas Laporan Telah P-21, Caleg Gerindra Segera Disidang Ajudikasi

13

MAGETAN – Status Joko Sudarmawan sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) VIII Jatim terancam. Itu menyusul telah dilakukannya pemeriksaan berkas laporan mengenai dugaan pelanggaran administrasi caleg partai Gerindra tersebut. ‘’Menurut informasi yang kami dapatkan, berkas sudah disetujui oleh Bawaslu RI dan sidang ajudikasi perdana rencana akan segera di laksanakan dalam waktu dekat,‘’ kata Kordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Magetan, Nur Elia Anggraini kemarin (5/4).

Dia mengungkapkan kasus itu bermula dari laporan anggota panwascam beberapa pekan lalu. Laporan itu kemudian dilakukan klarifikasi. Hasilnya di dapati jika memang Joko Sudarmawan masih tercatat sebagai kapela desa (kades) aktif. ‘’Sesuai aturan memang setiap caleg harus mengundurkan diri sebegai pejabat pemerintahan,‘’ ungkap Elia.

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto tidak ingin berpanjang lebar membahas masalah yang dialami oleh Joko Sudarmawan. Kendati sebenarnya yang bersangkutan masih tercatat sebagai kades aktif. Dia lebih menyerahkan sepenuhnya kasus ini ke Bawaslu. ‘’Yang pasti saya sudah koordinasi dengan bawaslu untuk langkah selanjutnya merupakan wewenang mereka. Ini bukan kapasitas saya,’’ terangnya.

Namun demikian, dia sangat menyayangkan kasus semacam ini terjadi di Magetan. Sebab, pelayanan kepada masyarakat bisa terganggu. ‘’Kalau bisa saya berharap masalah ini segera ditindaklanjuti. Sehingga tidak menggangu pelayanan yang di minta warga,‘’ harap bupati yang akrab disapa Kang Woto itu.

Terpisah, Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Magetan Aziz Nuril Huda menyatakan, yang bersangkutan bisa terancam sanksi pencoretan dari daftar calon tetap (DCT). Bahkan, berpotensi terkena sanksi pidana karena dianggap memalsukan dokumen saat penyerahan berkas pendaftaran ke KPU lalu. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here