Beri Pelatihan Berkala ke Pelaku Usaha Brem Kaliabu

99

MEJAYAN – Rencana Pemkab Madiun menjadikan Kaliabu sebagai desa wisata terus dikaji. Termasuk menyikapkan sumber daya manusia (SDM) produsen brem. Mulai dari pelatihan dan pembinaan supaya mereka bisa menyajikan produk olahan yang higienis. ‘’Kalau nantinya sudah terkategori layak untuk dikembangakan, para pengunjung bakal disuguh dengan proses pembuatan brem,’’ kata Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun, Isbani kemarin (24/2).

Sebelumnya, pelatihan secara berkala telah diberikan oleh Dinperdakop dan UM. Tujuannya untuk meningkatkan hasil kualitas produk brem. Serta sebagai modal menjadi komunikator ketika seandainya ada pengunjung datang ingin mengetahui proses pembuatan jajanan berbahan dasar sari tape tersebut.

Sementara itu, wacana menjadikan Kaliabu, Mejayan sebagai desa wisata disambut positif oleh pelaku industri rumah tangga (IRT) brem setempat. Mereka menilai rencana itu bisa menjadikan ekonomi masyarakat berkembang. ‘’Karena hampir seluruh penduduk di sini terlibat dalam produksi hingga penjualan brem,’’ ungkap salah seorang pelaku usaha IRT brem Desa Kaliabu, Supriadi.

Meksipun mayoritas warga Kaliabu menggantungkan ekonomi dari hasil industri brem, tapi belum semua menjual atas nama mereka sendiri. Karena itu, Supriadi beserta pelaku usaha industri brem lainnya berharap pemkab bisa terus memberikan pembinaan. Supaya ke depannya Kaliabu bisa menjadi seperti sentra bakpia di Patuk, Jogjakarta. ‘’Supaya ada ciri khas. Karena selama ini, kita kalah pamor dengan Kota Madiun apabila berbicara soal produksi brem,’’ katanya.

Oleh sebab itu, dia mendorong agar pemkab segera merealisasikan pembentukan Kaliabu sebagai desa wisata. Dengan begitu, ke depannya bisa menjadi tempat jujugan wisatawan. Sehingga berdampak pada pengenalan produk brem asli Kaliabu. ‘’Supaya kita juga punya wajah sendiri dan tidak mengekor ke daerah lain,’’ ujar Supriadi. (mg4/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here