Berebut Best Young Player Award

91

PIALA Dunia 2018 tak hanya menjadi ajang unjuk gigi bagi para pemain bintang. Tapi juga para wonderkid. Bahkan, sejumlah kontestan mengisi skuad mereka ke Rusia dengan pemain muda.

Timnas Inggris dan Prancis misalnya. Komposisi pemain muda mereka lebih banyak daripada pemain senior.

Berkaca dari hal tersebut, diprediksi ada sejumlah youngster yang akan bersinar pada Piala Dunia 2018. Beberapa di antaranya adalah Achraf Hakimi dari Maroko, Trent Alexander-Arnold (Inggris), Kylian Mbappe (Prancis), Goncalo Guedes (Portugal), Timo Werner (Jerman), dan Gabriel Jesus (Brasil).

Bagi Achraf, bisa tampil pada ajang empat tahunan itu sangat istimewa. Kendati pemain 19 tahun itu belum mendapat jatah bermain reguler di Real Madrid. Meski begitu, model permainan Achraf disebut memiliki kemampuan menyerang seperti Marcelo, tetapi lebih tangguh kala bertahan.

Kondisi yang sama dirasakan Trent Alexander-Arnold. Penampilan moncernya bersama Liverpool diyakini mampu membantu memenuhi ambisi pelatih Inggris Gareth Southgate. Apalagi, Alexander-Arnold sudah membela Liverpool di final Liga Champions dan mampu mengawal megabintang sekelas Cristiano Ronaldo.

Sementara itu, tampil pada ajang sekelas Piala Dunia membuat Mbappe bangga. Winger PSG itu diharapkan mampu mengikuti jejak Thierry Henry. Mantan penyerang Arsenal itu berhasil mengantarkan Prancis juara di masa debutnya pada Piala Dunia 1998 silam.

Modal itu sudah didapatkan Mbappe. Selama 2017, pemain berusia 19 tahun itu berhasil mencetak 33 gol. Dia pun berhasil menduduki posisi ketujuh sebagai pesepak bola pria terbaik versi FIFA tahun lalu.

Begitu juga dengan Gabriel Jesus. Penyerang Manchester City itu diyakini dapat membuat lini depan Brasil makin menakutkan. Karena besar kemungkinan, pelatih Brasil Tite akan menduetkan pemain 21 tahun itu dengan Neymar Jr. ’’Saya mengerti tujuan pelatih Tite menunjuk saya. Dia hanya memilih pemain Brasil yang memiliki jiwa kepemimpinan,’’ ujar Gabriel seperti dikutip dari Goal.

Di luar sejumlah nama itu, sepak terjang Timo Werner selama membela RB Leipzig juga tak bisa dikesampingkan. Bahkan, legenda hidup Bayern Muenchen Paul Breitner memprediksi pemain 22 tahun itu bisa bersinar di Rusia nanti. ‘’Timo itu adalah pemain bagus. Dia punya segalanya untuk menjadi bintang besar,’’ kata Breitner kepada El Pais.

Selain Werner, kiprah gelandang Valencia Goncalo Guedes di Piala Dunia 2018 patut ditunggu. Pemain 21 tahun itu diharapkan mampu menggantikan peran Nani, Andre Gomes, dan Renato Sanches yang tidak dipanggil oleh Fernando Santos.

Dari beberapa nama tersebut, masih ada pemain muda lain yang dinilai bisa tampil mengejutkan di Rusia nanti. Seperti Adnan Januzaj (Belgia), Alvaro Odriozola (Spanyol), Paulo Dybala (Argentina), dan masih banyak lainnya. (her/c1/ota)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here