KriminalitasNgawi

Berbekal Alat Khusus, Duo Pelaku Pencurian Uang ATM Diringkus

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ini modus baru pencurian uang anjungan tunai mandiri (ATM). Pelaku mengelabui korban dengan dalih tertentu hingga berhasil mengetahui PIN ATM. Lalu, alat transaksi elektronik itu di-skimming sebelum akhirnya dikuras isinya.

Modus anyar pencurian uang melalui ATM itu seperti dilakukan Saryanto Aladam, 48, dan Tri Warno, 36. Keduanya warga Desa Balong, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah. ‘’Awalnya, pada 21 Mei lalu kami mendapat laporan dari warga yang isi ATM-nya senilai Rp 36 juta tiba-tiba hilang,’’ kata Kasatreskrim Polres Ngawi AKP M. Khoirul Hidayat Rabu (17/6).

Dari laporan warga Desa/Kecamatan Paron itu, pihaknya melakukan penyidikan hingga akhirnya berhasil mengamankan kedua pelaku pada 3 Juni lalu. ‘’Kedua tersangka kami tangkap di perbatasan Jatim-Jateng masuk Kecamatan Sine,’’ bebernya.

Dia menyebut, tersangka menyasar agen penyedia jasa transaksi uang di wilayah pedesaan. Modusnya, mengajak korban transaksi di minimarket. Nah, saat korban memasukkan PIN, seorang pelaku mengamatinya. Sedangkan tersangka lainnya mengalihkan perhatian dengan cara membeli rokok.

Saat korban lengah, ATM lantas digesekkan ke alat skimming mini yang sudah disiapkan pelaku. Setelah itu, memindahkan data ATM ke laptop, kemudian menggandakannya. ‘’Data dimasukkan ke ATM kosong yang sudah disiapkan. Lalu, uangnya dikuras habis,’’ paparnya.

Khoirul menambahkan, dari tangan kedua tersangka petugas mengamankan barang bukti berupa dua alat skimming, dua ATM, dan satu laptop. Selain itu, sebuah mobil rental Mitsubishi Pajero nopol AD 8005 KO yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya.

‘’Tersangka mengaku belajar membobol ATM secara otodidak. Keduanya tidak memiliki riwayat pernah bekerja di sektor perbankan. Bahkan, salah seorang pelaku hanya tamatan SMP,’’ ungkap Khoirul. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close