Pacitan

Ber-KTP Luar Pacitan, Belasan Wisatawan Diminta Putar Balik

Tak Bisa Masuk Pantai Buyutan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kawasan wisata Pantai Buyutan memang sudah dibuka untuk umum. Namun, statusnya masih sebatas simulasi. Sehingga, hanya wisatawan lokal yang boleh berkunjung. Karena itu, banyak pengunjung dari luar daerah yang kecele.

Weekend Minggu (13/9), misalnya. Tercatat pihak pengelola objek wisata Pantai Buyutan telah meminta 10–15 wisatawan putar balik. Mereka lantas disarankan berkunjung ke destinasi wisata lain di Pacitan yang sudah memberlakukan masa uji coba. ‘’Masa simulasi mulai 28 Agustus sampai akhir bulan ini,’’ kata Sumarno, petugas retribusi objek wisata Pantai Buyutan.

Sejak kembali dibuka, pihak pengelola memberlakukan penyekatan dengan mendirikan dua pos pantau di Pantai Buyutan. Di pos pertama yang berada di pinggir jalan jurusan Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, itu, petugas masih mendapati warga yang bukan asli Pacitan nekat datang berkunjung. ‘’Karena setiap pengunjung kami minta untuk menunjukkan identitas mereka,’’ ujarnya.

Sumarno tak menampik ada beberapa pengunjung yang protes dan tetap memaksa ingin masuk. Namun, karena terbentur aturan, pihaknya tetap melarang kunjungan. ‘’Semua dijalankan sesuai SOP dari pemkab,’’ katanya.

Akibat kebijakan tersebut, Sumarno mengaku angka pengunjung turun drastis. Rata-rata dalam sehari hanya dikunjungi sekitar 25 wisatawan. ‘’Meskipun (pengunjungnya) sedikit, tapi setidaknya bisa menghidupkan kembali sektor pariwisata. Kami berharap secepatnya bisa dibuka penuh,’’ tuturnya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close