Madiun

Bengawan Madiun Tercemar

Kerap Jadi Sasaran Pembuangan Sampah Terbang

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Lebatnya gulma yang tumbuh di atas permukaan Bengawan Madiun menandakan kedalaman mengalami pendangkalan. Jika dibiarkan, bisa memicu pencemaran serius.

Kabid Pengendalian, Pencemaran, dan Perusakan Lingkungan DLH Kota Madiun Surat menguraikan, gulma yang tumbuh begitu cepatnya itu bakal menutupi seluruh perairan. Mengakibatkan jumlah cahaya yang masuk ke dalam air semakin berkurang. Sehingga tingkat kelarutan oksigen berkurang. ‘’Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perkim untuk mengatasi persoalan ini,’’ katanya Selasa (5/10).

DLH juga bakal mengambil sampel air di Bengawan Madiun untuk dicek ke laboratorium di Mojokerto. Guna memastikan kadar pencemaran yang berlangsung hingga pancaroba ini. ‘’Masih banyak praktik sampah terbang. Pengendara membuang sampah ke bengawan saat melintasi jembatan,’’ ungkapnya.

Pemkot juga bakal mengajak seluruh perusahaan di kota ini memperhatikan pembuangan limbah. Masing-masing perusahaan harus memiliki instalasi pengolahan air limbah (IPAL) mandiri. ‘’IPAL wajib dicek mandiri sebulan sekali,’’ tegasnya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close