Mejayan

Belum Dilengkapi Fasilitas Pendukung, Pembangunan 5 RTH Lanjut Tahun Depan

MEJAYAN, Radar Caruban – Proyek pembangunan lima ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Madiun sudah tuntas. Namun, infrastruktur yang dibiayai APBD induk 2019 tersebut belum dilengkapi fasilitas pendukung. ‘’Untuk saat ini sebatas bangunan pokok dan akan dilanjutkan tahun depan,’’ kata Kabid Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Madiun Tjuk Kusumo Rabu (20/11).   

Lima RTH berbentuk lapangan itu berada di Kelurahan/Kecamatan Mejayan; Desa Nglames, Madiun; Kelurahan Munggut, Wungu; Kelurahan/Kecamatan Wungu; dan Kelurahan Mlilir, Dolopo. Total duit yang digelontorkan sekitar Rp 2,5 miliar dari dana insentif daerah (DID).

Duit miliaran itu tidak hanya untuk pembangunan. Melainkan juga termasuk perencanaan dan konsultan pengawas. Khusus fisik, rata-rata menghabiskan Rp 400 juta untuk masing-masing lokasi.

Sarana dan prasarana (sarpras) untuk lima RTH itu kurang lebih sama. Yakni, berupa jogging track yang mengelilingi lapangan. Juga beberapa tanaman hias untuk memperindah dan memperindang kawasan serta satu kamar mandi untuk kebutuhan pengunjung. RTH tersebut sudah bisa dinikmati publik. ‘’Secara umum sudah bisa difungsikan,’’ ujarnya.

Tjuk menyebut, sejumlah RTH digunakan untuk berkumpul warga. Wungu dan Nglames, misalnya. Banyak pemuda dan keluarga bercengkerama di sana ketika Sabtu. Sedangkan pada titik-titik lainnya masih memerlukan waktu. ‘’Perlu ada pengenalan ke masyarakat,’’ tuturnya.

Dia menambahkan, pengerjaan lima RTH memakan waktu sekitar empat bulan. Bisa selesai tepat waktu karena dibiayai APBD induk. Sedangkan dua RTH tambahan di Mojopurno, Wungu, dan pagar makam Tionghoa Desa Sambirejo, Jiwan, dari dana Perubahan APBD (P-APBD) 2019. Tempo pengerjaan hanya 45 hari dan baru dimulai awal bulan ini. ‘’Rekanan harus mengebut agar bisa selesai tepat waktu,’’ ujar Tjuk. (cor/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close