Jalan Penghubung Jonggrang-Maron Belasan Tahun Rusak Parah

72
BUKAN HOTMIX: Jalan penghubung antara Desa Jonggrang dengan Maron sudah rusak parah.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Permukaan aspal di jalan penghubung antara Kecamatan Barat dengan Karangrejo banyak yang mengelupas. Bahkan, lapisan jalan tinggal tanah. Kondisi jalan yang bergelombang tersebut juga mengakibatkan banyak pengendara celaka.

Kepala Desa Patihan Daim Wartoyo tak menampik kondisi jalan di wilayahnya itu. Tetapi, status akses infrastruktur tersebut merupakan jalan usaha tani. Meskipun belakangan jalan itu berubah menjadi jalur umum. Karena sering dilewati warga sebagai jalur penghubung antara Desa Jonggrang dan Desa Maron untuk menuju Jalan Raya Maospati-Ngawi.

Dia mengaku sudah mengusulkan perbaikan jalan tersebut ke DPUPR. Bahkan, mereka juga telah melakukan pengecekan kondisi jalan beberapa waktu lalu. Hanya, dirinya tidak tahu kapan perbaikan jalan itu terealisasi. ‘’Itu tergantung dari PU mau dikerjakan kapan,’’ kata Wartoyo Kamis (22/8).

Pihaknya sempat didesak warga untuk segera memperbaiki jalan tersebut menggunakan dana desa (DD). Tetapi, pemerintah desa (pemdes) tidak sanggup. Karena anggaran dari pusat itu tidak mencukupi untuk meng-cover perbaikan jalan usaha tani tersebut. ‘’Kami coba usulkan ke pemkab,’’ ujarnya.

Wartoyo mengungkapkan, prosedur usulan pengaspalan kembali jalan itu sudah ditempuh. Termasuk mengusulkannya saat musrenbang kecamatan lalu. Dia berharap jalan itu dapat diperbaiki tahun depan. Sehingga, memperlancar akses ekonomi masyarakat. ‘’Sudah dimusyawarahkan,’’ ungkapnya.

Dijelaskannya, jalan usaha tani tersebut sudah tidak pernah lagi mendapat sentuhan perbaikan sejak 12 tahun lalu. Jalan rusak karena sering dilalui truk. Banyak terdapat lubang di jalan desa tersebut. (fat/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here