Begini Kronologi Terbakarnya Pasar Beran Ngawi

34

NGAWI – Pasar Beran, Ngawi, Minggu sore (14/4) terbakar. Sedikitnya tiga kios dilalap api. Beruntung, mobil pemadam kebakaran (damkar) segera tiba di lokasi tepat waktu sehingga si jago merah tidak sampai merembet ke mana-mana. ‘’Begitu dapat info, dua unit mobil damkar langsung diterjunkan ke lokasi,’’ kata Lilik Kukuh Junianto, salah seorang petugas damkar.

Lilik mengatakan, sampai di lokasi sekitar pukul 16.00, api sudah mulai membesar. Namun, baru sempat menjilat tiga kios. ‘’Jalur api kami putus dulu, baru dilakukan pemadaman,’’ ungkapnya sembari menyebut setengah jam kemudian api berhasil dipadamkan.

Ketiga kios tersebut diketahui milik Sulasih, Semi, dan Julaikah. Dugaan sementara, kebakaran akibat korsleting listrik. Sementara, kerugian materi dari tiga kios yang terbakar itu ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

Sumiyem, salah seorang pedagang, mengaku mengetahui kios terbakar setelah melihat seseorang keluar dari pasar sambil menangis. Saat dicek ke dalam ternyata api sudah mulai membesar. ‘’Saya lalu menguhubungi anak yang kebetulan bekerja di pemadam kebakaran,’’ ujarnya.

Dia menjelaskan, saat kebakaran terjadi, kondisi pasar sedang sepi lantaran para pedagang mayoritas sudah pulang. Sebagian yang masih berada di lokasi tengah sibuk memasukkan barang dagangan ke dalam kios. ‘’Ya takut kalau apinya membesar dan merembet ke mana-mana,’’ ucap Sumiyem.

Pantauan Radar Ngawi di lokasi sekitar pukul 16.40, tiga kios dengan posisi sejajar di dalam pasar terlihat hangus. Beberapa barang dagangan seperti mi instan, sabun, sampo, dan sejumlah sembako sempat dijilat api. Terlihat pula Sulasih, salah seorang pedagang yang kiosnya terbakar, tengah memilah dagangannya yang masih terselamatkan. ‘’Tadi (kemarin, Red) sudah tutup, lalu dikabari kalau kios terbakar,’’ kata Sulasih.

Peristiwa kebakaran tersebut juga sempat mengundang rasa penasaran warga sekitar. Mereka berbondong-bondong ke lokasi untuk melihat kondisi kios yang terbakar. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here