Begini Keseruan Gerak Jalan Berkostum ala Papua

332
KEBINEKAAN: Peserta gerak jalan di Desa Sidorejo, Kebonsari, mengenakan kostum ala Papua.

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Warga Sidorejo, Kebonsari, Kabupaten Madiun, menggelar gerak jalan Kamis (22/8). Kegiatan ini untuk memperingati HUT ke-74 RI. Ada yang unik dari penampilan pesertanya. ‘’Kami sengaja mengenakan kostum ala Papua. Ini sebagai bentuk kecintaan kami kepada masyarakat Papua,’’ kata Kepala Desa Sidorejo Ana Setyawati.

Sesuai tema Bhinneka Tunggal Ika, kades meminta seluruh peserta mengenakan kostum beragam. Tujuannya, memperkenalkan kepada masyarakat tentang keberagaman suku di Indonesia. Pun sebagai bentuk perhatian warga Sidorejo yang menjunjung nilai-nilai kebudayaan. Sebagai sesama warga negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban sama. ‘’Jangan sampai masyarakat terpengaruh isu-isu yang tidak baik,’’ ujarnya.

Gerak jalan yang diikuti lebih dari 100 peserta itu merupakan bentuk solidaritas masyarakat yang mencintai semua saudara di seluruh Indonesia tanpa memandang suku dan agama. Terutama, untuk memberi support kepada masyarakat Papua yang sedang berkonflik.

Dahlan, salah seorang peserta, mengungkapkan ide berkostum ala Papua itu muncul setelah banyaknya pemberitaan konflik Papua. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan RI, dia sengaja mengangkat tema Papua. ‘’Semua masyarakat Indonesia adalah saudara. Jangan sampai terprovokasi isu SARA,’’ pintanya.

Dia berharap kepada semua masyarakat di seluruh pelosok nusantara untuk saling mengasihi dan memberi support satu sama lain meski berbeda suku atau agama. (mgc/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here