Bawaslu Temukan Pelanggaran Kampanye Libatkan Anak-anak

32

MAGETAN – Dugaan pelanggaran kampanye ditemukan oleh Bawaslu Magetan jelang masa hari tenang pemilu. Salah satu bentuk pelanggaran yang terlihat adalah melibatkan anak-anak dalam kegiatan kampanye terbuka. “Indikasi pelanggaran yang kita temukan saat kampanye terbuka kali ini banyak modelnya,” kata Ketua Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Magetan Muhris Subiantoro.

Atas temuan tersebut pihaknya akan menindaklanjuti dengan malanjutkan laporan tersebut kepada pihak Bawaslu RI, ‘’Untuk melibatkan anak ini jelas dilarang, kita akan dalami dari temuan di lapangan itu,‘’ tuturnya.

Selain itu, lanjut Muhris, pihaknya akan mendalami temuan dengan mengecek fakta di lapangan untuk diketahui termasuk pelanggaran pidana pemilu atau administrasi. Mengingat dalam penyelidikan keikutsertaan anak-anak pihaknya harus melibatkan instansi terkait guna memastikan langkah serta tindakan yang akan di berikan kepada panitia maupun relawan yang bersangkutan, ‘’Kita harus laporkan kepada  komisi perlindungan anak, karena menyangkut hak anak dalam kegiatan ini,‘’ terangnya.

Sementara itu, pihaknya mengingatkan larangan dalam kampanye terbuka agar selalu di taati. Antara lain, menghina dan memfitnah peserta pemilu lain, menggunakan fasilitas pemerintah dan melibatkan aparatur sipil negara. Serta mengajak anak-anak baik yang tampil di panggung maupun diajak menghadiri kampanye terbuka merupakan pelanggaran karena melibatkan orang yang belum mempunyai hak untuk memilih.

Kendati demikian, pihaknya menilai sejuah ini banyak model pelanggaran yang dilakukan oleh pihak yang berkaitan. Di mana dalam kampanye pada penyelenggaraan pesta demokasi di tahun-tahun sebelumnya bentuk pelanggran lebih banyak pada administrasi. Di sisi lain, Muhris menuturkan jika banyaknya model pelanggaran kali ini tidak lain karena pada pemilu 2019 di akukan secara bersamaan dengan pileg dan pilpres. ‘’Penyebabnya karena kurang pengetahuan masyarakat akan aturan serta adanya pemilu secra serentak menjadi alasan utamanya,‘’ pungkasnya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here