Bawaslu Perketat Pengawasan TPS 6 Bancangan, Sambit, Ponorogo

68

PONOROGO – Pemungutan suara di TPS 06 Bancangan, Sambit terpaksa harus diulang. Penetapan pemungutan suara ulang (PSU) ini diambil Bawaslu setelah berkoordinasi dengan KPU setempat. ‘’KPU setuju Bancangan 06 PSU,’’ tegas Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum Data dan Informasi Bawaslu Ponorogo Sulung Munarimbawan.

Langkah selanjutnya, Bawaslu bakal melakukan pendampingan. Tak ingin, petugas yang sama dengan pemungutan sebelumnya kembali melakukan kesalahan sama. Perhatian ini ditekankan, mengingat di TPS tersebut juga dilakukan PSU saat Pemilu 2014. ‘’Kala itu, diulang karena ada surat suara tertukar dengan daerah lain. Tetapi, masih digunakan untuk mencoblos. Petugasnya pun masih sama dengan sekarang,’’ ungkapnya.

Bawaslu juga meminta KPU memberikan bimbingan teknis kepada petugas terkait. Agar pemahaman dan persepsi terhadap aturan pelaksanaan pemilu sama. ‘’Sebelum PSU, KPU harus sosialisasi,’’ sambungnya.

Pelaksanaan PSU, lanjut dia, menjadi kewenangan KPU setempat. Harus terlaksana maksimal sepuluh hari pasca pemilu. Tentunya tata cara pelaksanaan PSU sesuai aturan yang telah ditetapkan. Mengoreksi kelalaian petugas yang menerima empat pemilih dari luar daerah, tanpa mengantongi formulir A5 atau pindah pilih dan tidak masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb).

Sementara itu, 12 relawan di Desa Sragi, Kecamatan Sukorejo kompak cukur gundul. Merayakan kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin yang mereka dukung selama pemilihan presiden (pilpres). Dari hasil perhitungan cepat sejauh ini. ‘’Semoga Indonesia semakin bersih selayaknya kepala yang dicukur gundul ini,’’ tutur Widodo, warga setempat.

Cukur gundul ini diawali doa bersama dan potong tumpeng. Mengharap kebaikan bagi negeri ini lima tahun ke depan. Masyarakat semakin sejahtera. Dijauhkan dari bencana dan keburukan lainnya. Pun, situasi di Bumi Reyog tetap kondusif. ‘’Kami pun masih menanti dengan sabar penghitungan resmi dari KPU,’’ ucapnya. (mg7/fin) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here