Bareng Simulasi UNBK, USBN Mundur 2 Hari

90

PONOROGO – Persiapan menyambut ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA/SMK berimbas pada ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Jadwal USBN terpaksa disesuaikan lantaran bertepatan dengan simulasi UNBK. ‘’Jadi, tidak mundur secara keseluruhan, hanya dua hari,’’ kata Sekretaris MKK SMAN Jatim Nurhadi kemarin (25/2).

Pria yang juga kepala SMAN 1 Ponorogo itu mengatakan, jadwal USBN tetap digelar mulai 4 Maret mendatang. USBN rencananya digelar hingga 15 Maret. Karena di tengah penyelenggaraan USBN ada simulasi UNBK, jadwalnya diundur hingga 19 Maret. Jadwal yang berubah dipastikan Nurhadi hanya dua hari. ‘’Karena simulasi UNBK yang wajib diikuti sekolah itu di tengah-tengah penyelenggaraan USBN, maka USBN untuk beberapa mapel diganti lain hari,’’ ujarnya.

Kasi SMA Cabdindik Jatim Wilayah Ponorogo Zamroni turut membenarkan perubahan jadwal USBN tersebut. Surat edaran dari pemprov terkait penyesuaian jadwal sudah diterima sejak 22 Januari lalu. Inti surat tersebut, perlu dilakukannya penyesuaian jadwal USBN bertepatan dengan simulasi UNBK pada 11-12 Maret. Sehingga, USBN digelar 4-6 Maret, kemudian berlanjut pada 13-19 Maret. Surat ditandatangani Kadindik Jatim Saiful Rachman.

Sementara, persiapan teknis menyambut UNBK diagendakan dalam sejumlah tahap. Sinkronisasi SMK dan paket B/C dilaksanakan 1-2 Maret mendatang. Sementara sinkronisasi SMA/MA serta paket B/C digelar 8-9 Maret. Sedangkan pengaturan server dan sesi untuk semua jenjang sudah rampung digelar 22 Februari lalu.

Secara umum, persiapan menyambut USBN dan UNBK SMA/SMK tidak berubah. Pihak sekolah maupun dindik terus mempersiapkan diri menyambut hajatan besar pendidikan tingkat menengah tersebut. Baik untuk teknis penyelenggaraan, seperti kesiapan server dan sarpras komputer, maupun jaringan internet dan listrik. ‘’Sekolah-sekolah juga terus memberikan pembekalan USBN dan UNBK,’’ tuturnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here