Banyak ’’Ranjau Darat’’ Menuju Rusuwa

94

MADIUN – Megahnya bangunan rumah susun sewa (rusuwa) belum diimbangi kondisi jalan yang baik. Jalan Manis Raya, Nambangan Lor, Manguharjo, akses menuju bangunan itu, rusak parah. Banyak lubang di sana-sini selayaknya ranjau darat.  ’’Baru-baru ini ada yang jatuh, namanya Pak Teguh, penghuni lantai satu,’’ kata Marisa Yuli, salah seorang penghuni rusuwa.

Marisa menuturkan, upaya perbaikan jalan telah didengarnya dari lurah Nambangan Lor saat pertemuan Jumat malam lalu (8/2). Saat itu dinas perumahan dan kawasan permukiman (disperkim) memberikan kesempatan warga rusuwa untuk menyampaikan saran. ’’Belum sempat sampaikan saran sudah bicara duluan, katanya (Nambangan Lor) nanti akan diperbaiki,’’ ujarnya.

Dia berharap akses jalan segera diperbaki. Sebab, jalan tersebut satu-satunya akses warga rusuwa hilir mudik menjalankan aktivitas harian. Seperti sekolah, kerja, dan mencari kebutuhan pokok lainnya. ’’Anak sekolah juga naiknya sepeda, pulang pergi kerja naik sepeda,’’ tuturnya.

Kasie Perumahan Disperkim Kota Madiun Concon Kencono membenarkan bahwa ada warga rusuwa yang mengusulkan akses transportasi  tersebut segera diperbaiki. Bukan hanya rusuwa, melainkan juga permukiman masyarakat yang ada di jalur tersebut.

Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Kota Madiun Thariq Megah mengatakan, jalan tersebut rusak salah satunya diakibatkan proyek pembangunan rusuwa. Banyak angkutan berat yang hilir mudik melintasi jalanan aspal. ’’Sekarang sedang proses persiapan perencanaan perbaikan, nanti dihitung tingkat kerusakannya,’’ terangnya.

Perbaikan jalan dimasukkan dalam biaya pemeliharaan jalan. Proses perbaikan bakal segera dilakukan setelah perencanaan dan lelang selesai dilakukan. Nantinya, yang dilakukan pertama adalah perbaikan aspal dan pengerasan jalan. ’’Jadi bertahap,’’ tegasnya.  (mg2/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here