Ngawi

Banyak PKL Bandel, Satpol PP Gerah

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa mangkal di jalan protokol Ngawi tak bisa lagi leluasa menjajakan dagangannya. Mulai hari ini, petugas satpol PP setempat bakal menggelar operasi setiap pagi. ‘’Kalau ada (PKL) yang melanggar (aturan), langsung kami lakukan penindakan,’’ tegas Kabid Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Ngawi Arif Setiyono Senin (21/10).

Arif mengaku tidak akan memberi toleransi lagi. Jika selama beberapa hari ke depan masih ada PKL yang melanggar aturan lokasi maupun jam berjualan, lapak bakal dibongkar paksa. ‘’Sosialisasi kepada seluruh PKL kan sudah kami lakukan,’’ ujarnya.

Sikap tegas korpsnya itu bukan berarti melarang para PKL berjualan. Mereka tetap boleh menjajakan dagangannya asalkan pada lokasi dan jam-jam yang diperbolehkan sesuai peraturan yang berlaku. ‘’Kami tahu, bagaimanapun keberadaan mereka (PKL, Red) dibutuhkan. Tapi, harus menaati aturan,’’ tekannya.

Arif membantah sikap tegas itu dikaitkan dengan rencana penilaian Adipura. Menurutnya, penertiban tersebut dilakukan karena akhir-akhir ini para PKL banyak yang mulai membandel lagi. ‘’Dalam surat edaran yang kami berikan kemarin juga tidak ada hubungannya dengan itu (Adipura, Red),’’ tuturnya.

Dia berharap dinas terkait ikut melakukan pembinaan terhadap para PKL. Bukan semua masalah mengenai mereka dibebankan sepenuhnya kepada satpol PP. ‘’Setidaknya kalau ada campur tangan, kami lebih mudah melakukan upaya penegakan aturan,’’ katanya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close