Madiun

Banyak Pertimbangan Memanfaatkan Mobil Listrik

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Pemanfaatan mobil listrik (moblis) SMK Model PGRI Mejayan harus dilihat dari banyak aspek. Bukan sekadar asas kemanfaatan, melainkan juga keamanan. ‘’Arah memberdayakan pelaku usaha tentu ada, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,’’ kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdakop-UM) Kabupaten Madiun Indra Setyawan Minggu (12/7).

Atensi utama pada keselamatan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Bila kelak terjadi kerja sama terkait produksi masal, maka keamanan pengemudi harus terjamin. Urusan itu tidak bisa hanya diputuskan disperdakop-UM. ‘’Perlu kajian melibatkan banyak instansi. Seperti dishub (dinas perhubungan) dan kepolisian mengenai kelaikan jalan serta melanggar aturan tidaknya,’’ terangnya.

Indra mendengar kabar bahwa sejumlah desa tertarik dengan moblis. Mengenai itu, dia belum bisa berbicara banyak. Segala aspek kendaraan yang dibuat karena keguasaran banyaknya pengangguran saat Covid-19 itu harus jelas. ‘’Kalau semunya terpenuhi, pemkab siap terlibat lebih banyak,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Pemkab Madiun menimbang pemanfaatan moblis. Seberapa besar efektivitas kendaraan itu mampu menunjang sektor UMKM. Hari ini disperdakop-UM menjadwalakn kunjungan untuk melihat kemungkinan kerja sama. (den/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close