Banyak Penyandang Disabilitas Belum Tersentuh Pelatihan

88

MADIUN – Penyandang disabilitas di Kabupaten  Madiun tampaknya masih terpinggirkan. Setidaknya, belum semuanya mendapatkan pelatihan keterampilan untuk menunjang kesejahteraan mereka. ‘’Total penyandang disabilitas di Kabupaten Madiun ada 5000-an,’’ kata Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Tatuk Mahitawati kemarin (12/2).

Tatuk berdalih saat ini pihaknya masih terkonsentrasi pada pemberian bantuan alat untuk membantu mobilitas para penderita tunadaksa. Sedikitnya tujuh kursi roda sudah diberikan dalam beberapa bulan terakhir. ‘’Memang belum semuanya dapat pelatihan keterampilan,’’ akunya.

Bagaimana dengan penyandang disabilitas yang memiliki usaha? Tatuk menyebut, tahun lalu pihaknya memberangkatkan empat orang untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan. Mereka juga disuntik modal tambahan sebesar Rp 5 juta. ‘’Khusus untuk yang usahanya sudah berjalan bagus,’’ ungkapnya.

Dari data yang dimiliki dinsos, penyandang disabilitas di Kabupaten Madiun saat ini berjumlah 4.558 orang. Paling banyak di Kecamatan Geger (803), disusul Mejayan (465). Mereka memiliki keterbatasan beragam, mulai difabel, tunanetra, tunarunggu, hingga keterbelakangan mental. ‘’Tapi, ke depan tetap kami upayakan mendapatkan pelatihan keterampilan,’’ pungkasnya. (mg4/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here