Magetan

Banyak Penerangan Padam, Jalur Ngerong-Sarangan Mencekam

MAGETAN, Radar Magetan – Jalur Ngerong-Sarangan semakin mengkhawatirkan. Beberapa titik penerangan jalan umum (PJU) di ruas curam itu mati. ‘’Kalau malam gelap sekali,’’ ungkap Syaiful.

Sejatinya, warga Kelurahan Sarangan, Plaosan, itu sudah melaporkannya ke dinas terkait. Namun, setelah diperbaiki kerap mati lagi. ‘’Kalau enggak bohlamnya yang putus, ya kabelnya tersapu angin kencang,’’ bebernya.

Syaiful tak bisa membayangkan betapa gulananya pengendara. Terutama dari luar kota yang tidak begitu hafal medan –yang terkenal menanjak-turun dan menikung– tersebut. Syaiful yang notabene warga setempat pun pernah celaka. Gelap itu menambah kerawanan, apalagi saat berpapasan dengan kendaraan roda empat. ‘’Harapannya ada solusi jangka panjang. Pengecekan harus dilakukan berkala. Kasihan pengguna jalannya,’’ ucap Syaiful.

Kabid Penerangan Jalan Umum, Peralatan, dan Laboratorium Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan Suroto menjelaskan bahwa perbaikan PJU sejatinya dilakukan sepanjang waktu. Namun, pengecekan baru dilakukan setelah ada laporan. ‘’Kalau memang benar padam, ya baru kami tangani,’’ kata Suroto.

Ternyata, mengecek kondisi PJU bukan perkara mudah. Untuk mengetahui apakah setiap lampu menyala, petugas menanti saat malam. Sementara untuk kerja di waktu gelap itu juga kerap terkendala cuaca. ‘’Setiap minggu selalu ada laporan dari warga. Tapi, kami tidak bisa mengeceknya setiap hari karena harus berbagi tugas dengan daerah lain,’’ ujarnya. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close