Ponorogo

Banyak Kos Tanpa Izin Jadi Sarang Pasangan Mesum

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Masih banyaknya usaha rumah kos tak berizin di Ngawi membuat satpol PP setempat geram. Sebab, selain berpotensi mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum, keberadaan usaha ilegal itu juga merugikan pemerintah daerah lantaran tidak ada pajak maupun retribusi yang disetor. ‘’Akan kami tertibkan mulai minggu depan,’’ kata Kabid Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Ngawi Arif Setyono Kamis (6/2).

Selama ini pihaknya sering mendapatkan pengaduan dari warga terkait keberadaan rumah kos. Paling banyak mengarah pada dugaan pelanggaran norma susila.

Pun, hal itu bukan sekadar isapan jempol. Buktinya, dalam beberapa kali razia ditemukan pasangan bukan suami istri berbuat mesum di kamar kos bodong. ‘’Padahal, dalam aturan sudah jelas disebutkan bahwa rumah kos itu tidak boleh dihuni laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya,’’ papar Arif.

Sebelum menggelar operasi pekan depan, pihaknya akan melakukan komunikasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ngawi selaku OPD yang memiliki data rumah kos. ‘’Kami akan segera kirimkan surat resminya ke dinas terkait,’’ janjinya.

Diakuinya, selama ini pihaknya kesulitan mendeteksi mana saja usaha rumah kos yang berizin dan tidak. Selain itu, laporan warga kebanyakan melalui pesan singkat atau telepon. ‘’Makanya, dalam operasi nanti kami akan menggandeng dinas terkait supaya lebih mudah,’’ ujarnya.

Arif berjanji, jika kelak menemukan pelanggaran perizinan maupun pengelolaannya, pihaknya bakal menindak tegas pemilik rumah kos. ‘’Diberi peringatan dulu, kalau masih membandel terpaksa kami tempuh jalur hukum,’’ tegas Arif. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close