Banyak Fasilitas yang Rusak, Taman Jalan Pramuka Tak Ramah Anak

41
BERBAHAYA: Fasilitas di taman hutan kota Jalan Pramuka banyak yang rusak.

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo –  Sejumlah taman di kawasan Kota Ponorogo belum ramah anak. Taman di Jalan Pramuka, misalnya, kondisi beberapa fasilitasnya tidak representatif. Mulai arena bermain anak yang rusak dan berkarat hingga area skateboard yang diwarnai banyak lubang.

Ya, di ujung taman itu terdapat track BMX dan skateboard. Namun, tidak sedikit anak yang memanfaatkannya untuk bermain perosotan. ‘’Harus hati-hati biar tidak jatuh,’’ kata Lina Atik, warga Sukosari, Babadan, sembari mengawasi anaknya yang asyik bermain di taman tersebut Selasa (17/9).

Lina ditemani suami sengaja mampir ke taman itu bersama anaknya yang baru saja pulang sekolah di TK Muslimat. Sampai di lokasi, sang buah hati langsung main perosotan di arena BMX dan skateboard. ‘’Mbok ya diperbaiki biar anak-anak nyaman,’’ ucapnya.

Mahfud, pengunjung lainnya, menyayangkan kondisi arena skateboard yang banyak lubang dan retakan. ‘’Semoga segera diperbaiki. Selain aman, kan jadi lebih sedap dipandang,’’ ujar warga Siman itu kepada Radar Ponorogo.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Erry Setiyoso Birowo menyebut, taman hutan kota itu perlu sentuhan perbaikan menyeluruh. Sebab, banyak sarana dan prasarananya yang rusak. Termasuk fasilitas penerangan.

‘’Waktu perpindahan (sebelumnya dikelola dinas pariwisata, Red), musim anggaran sudah berjalan. Jadi, harus menunggu RKA (rencana kerja dan anggaran) tahun depan. Mudah-mudahan nanti disetujui,’’ harapnya.

Dia menambahkan, DLH telah membangun pagar keliling di sekitar taman untuk mengurangi aksi mesum anak muda. Pagar tersebut ditutup pukul 22.00.  Pun, lampu penerangan bakal ditambah di empat titik. ‘’Juga sudah kami tambah dua gazebo dan dua arena bermain. Beberapa bagian taman juga sudah diperbaiki,’’ ungkapnya. (dil/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here