16 Desa di Kabupaten Madiun Dikepung Banjir

4119
FOTO: ISTIMEWA

MADIUN – Banjir merendam 16 desa di lima kecamatan Kabupaten Madiun hari ini (6/3). Di antara 16 esa tersebut, banjir terparah terjadi di Desa Purworejo, Kecamatan Pilangkenceng dan Kelurahan Bangunsari serta Desa Ngampel,  Kecamatan Mejayan.

Berdasar informasi yang didapat Jawa Pos Radar Madiun di lokasi, bencana tersebut bermulai dari hujan deras yang mengguyur Selasa (5/3) malam. Hujan yang tak kunjung berhenti membuat sejumlah sungai, termasuk Kali Bengawan Solo di beberapa desa tersebut meluap hingga masuk ke pekarangan warga.

Sedikitnya 257 kepala keluarga (KK) di Desa Ngampel dan tujuh KK di Desa Sugihwaras telah dievakuasi karena rumah mereka terendam banjir setinggi dada orang dewasa. Selain itu, sekitar 150 warga yang berada di Dusun Jetak, Desa Purworejo, Pilangkenceng juga terpaksa diungsikan ke Ponpes Klubuk, Desa Kedungrejo karena terdampak banjir.

Dimungkinkan debit air akan terus meningkat mengingat kondisi cuaca saat ini mendung. Dan, sesuai dengan data prakiraan BMKG Jatim sehingga perlu dilakukan langkah pencegahan dan penanggulangan oleh instansi terkait apabila terjadi banjir susulan. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here