Magetan

Bangunan Eks Kepatihan Nyaris Hangus

Sumber Api Diduga dari Pembakaran Sampah

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Aset pemkab berupa bangunan eks Kepatihan di Jalan Patiunus, Kelurahan Ketanggi, Ngawi, nyaris hangus Rabu (16/9). Penyebabnya, lahan berisi semak kering di belakang bangunan yang diusulkan menjadi cagar budaya tersebut mengalami kebakaran. ‘’Kalau tidak dipadamkan bisa sampai eks Kepatihan,’’ kata Anang Leibon, pekerja yang kebetulan berjaga di lokasi tersebut.

Leibon mengungkapkan, kebakaran lahan itu terjadi sekitar pukul 09.00. Sumber api diduga dari pembakaran sampah tidak jauh dari bangunan eks Kepatihan. Kemudian, si jago merah menjalar ke lahan bekas bangunan bersejarah itu. ‘’Beruntung bisa dipadamkan petugas dengan tiga mobil tangki,’’ ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Ngawi Raden Rudi Sulisdiana menyatakan, peristiwa tersebut bermula dari kelalaian warga sekitar yang membakar sampah. Kebetulan, sisi belakang eks Kepatihan belum berpagar. ‘’Memang harus lebih hati-hati (membakar sampah), apalagi sekarang musim kemarau sehingga rawan kebakaran,’’ tuturnya.

Rudi mengaku sudah meminta kepada petugas yang berjaga di eks Kepatihan lebih waspada agar kejadian serupa tidak terulang. Kebetulan, sejak awal September ini pihaknya menempatkan lima orang untuk mengawasi dan merawat bangunan tersebut. ‘’Mudah-mudahan saja tahun depan bisa dilakukan rehabilitasi sehingga lebih aman,’’ harapnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close