Ban Pecah, Truk Terguling, Kayu Aren Tumpah

429

PACITAN – Hampir menutupi separo badan jalan, kondisi truk nahas nopol AD 1813 CC yang terguling di Dusun Jaten, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan kota, menjadi tontonan warga. Pasalnya, kondisi truk warna hijau tersebut terguling di jalan raya Pacitan-Solo yang ramai. “Muatannya tumpah,” kata Banit Satlantas Polres Pacitan Bripda Boby Candra Wijaya.

Kejadian berawal saat truk R6 Hino yang dikemudikan Tri Wijayanti, warga Klaten, Jateng, itu melaju dari arah Pacitan menuju Solo. Sesampainya di lokasi, Km 2 Dusun Jaten, tiba-tiba ban belakang truk pecah. Truk hilang kendali hingga terguling. Kayu aren yang rencananya dibawa ke Solo juga turut tumpah dari bak truk. Beruntung, truk terguling ke sisi kiri jalur hingga tumpahan muatan tak mengancam pengendara lain. “Ban bagian kiri truk pecah, langsung oleng lalu ambruk,” terang Boby.

Kecelakaan tunggal yang terjadi kemarin (25/9) pukul 16.00 itu berlangsung saat arus lalu lintas sepi. Sehingga ambruknya truk tak sampai mencelakakan pengendara lain. Sementara sang sopir bersama kernetnya Afif Suprianto, warga Klaten, tak mengalami luka berarti.  Meski demikian, Tri Wijayanti sempat dibawa ke klinik untuk mendapat perawatan lantaran benturan kepala yang dialaminya. “Pengemudi hanya pusing karena terbentur dashboard truk, sedangkan kernetnya tak mengalami luka,” papar Boby.

Lantaran hampir memakan separo jalan, pengendara yang melintas di lokasi mesti bergantian, terutama kendaraan roda empat dan seterusnya. Untuk evakuasi truk, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pengemudi dan perusahaan angkutan. “Untuk sementara kami pasang penanda agar pengendara lain lebih berhati-hati,” ujarnya.

Rustini, salah seorang saksi mata, mengungkapkan bahwa sang sopir sempat memegang kepala selepas truknya terguling. Pasalnya, tergulingnya truk itu terdengar keras hingga membuatnya terkejut. Selepas ban truk meletus, Rustini menyebut kendaraan terlihat oleng hingga akhirnya ambruk. “Lajunya pelan, karena di sini cukup menanjak walaupun tak curam,” bebernya. (mg6/c1/rif)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here