Balap Liar Kartonyono Diobrak Polisi, 27 Motor Diamankan

93

NGAWI – Pelaku balap liar di ruas simpang empat Kartonyono sampai perempatan terminal lama dibuat kocar-kacir. Itu terjadi saat polisi mengobrak aksi kebut-kebutan tersebut. Pun, puluhan motor herek diamankan dalam operasi kali ini.

Sebanyak 27 unit motor diamankan polisi dalam penertiban yang digelar Sabtu malam (26/1) tersebut. Juga 11 lembar surat tanda nomor kendaraan (STNK). ‘’Akan tetap diproses sesuai aturan yang berlaku,’’ kata Kasatlantas Polres Ngawi AKP Yanto Mulyanto kemarin (29/1).

Penertiban itu dilakukan setelah pihak kepolisian mendapat laporan warga adanya aktivitas balap liar yang meresahkan. Benar adanya, saat menyisir lokasi, petugas mendapati sejumlah anak muda hendak balapan. Pelaku yang mengetahui kedatangan petugas berupaya kabur, namun lebih banyak yang berhasil diamankan. ‘’Motor-motor yang kami amankan itu baru boleh diambil setelah dikembalikan seperti standar,’’ ujarnya.

Yanto mengatakan, praktik balap liar seperti itu melanggar pasal 297 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelakunya diancam pidana satu tahun dan denda maksimal Rp 3 juta. Pun, dia berharap balapan liar tersebut menjadi yang terakhir di wilayah hukumnya. ‘’Kebanyakan pelakunya anak muda dan balapan dilakukan malam hari,’’ tuturnya. (mg8/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here