Bakrie Bersiap Eksplorasi Energi Panas Bumi

73

PONOROGO – Beberapa tahun terakhir, PT BDE turun gunung mengeksplorasi kekayaan alam tersebut. Semakin sering sejak tahun lalu hingga sekarang. Dimungkinkan, eksplorasi dimulai tahun depan. ‘’Kajiannya sudah sangat lama (PT BDE, Red),’’ kata Camat Ngebel Suseno kepada Radar Ponorogo.

Sepengetahuan Suseno, PT BDE saat ini tengah mematangkan persiapan. Adapun titik eksplorasi belum diketahui pasti. Suseno menyebut salah satunya mengeksplorasi Dusun Jawol, Desa/Kecamatan Ngebel. Di sana, infrastruktur eksplorasi panas bumi milik PT BDE sudah berdiri. Dalam beberapa kesempatan, PT BDE juga turun ke masyarakat sekitar dalam rangka corporate social responsibility (CSR). Diwujudkan dukungan finansial dan logistik. ‘’Seperti membantu ketika ada kegiatan keagamaan di lingkungan sekitar,’’ ujarnya.

Suseno berharap manfaat yang dapat diterima masyarakat lebih dari itu. Mengingat proyek PT BDE berskala nasional. Dampak positif sangat diharapkan. Seperti penyerapan tenaga kerja lokal dan meningkatkan perekonomian warga sekitar. ‘’Misal, dengan eksplorasi gas bumi itu bisa menghadirkan satu destinasi wisata baru. Wahana edukasi misalnya,’’ sebutnya.

PT BDE merupakan anak usaha dari PT Bakrie Power, perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur minyak dan gas. Perusahaan itu merupakan bagian dari gurita bisnis PT Bakrie & Brothers. Pada 2017 lalu, PT BDE sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat bakal mengeksplorasi tiga sumur panas bumi di Madiun dan Ponorogo. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here