MadiunPeristiwa

Bakar Sampah TPS, Motor BUMDes Hangus

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Amuk si jago merah menyasar tempat pembuangan sementara (TPS) Desa Buduran, Wonoasri, Kabupaten Madiun. Kebakaran yang dipicu pembakaran sampah itu menghanguskan satu unit motor roda tiga yang dikelola BUMDes setempat.

Pemerintah desa (pemdes) setempat meminta tidak perlu penyelidikan lebih lanjut dari aparat kepolisian. ‘’Petugas yang membakar sampah menyanggupi ganti rugi,’’ kata Kapolsek Wonoasri AKP Muslich Bawani Selasa (30/6).

Muslich mengungkapkan, kebakaran yang terjadi Senin malam (29/6) itu baru dilaporkan ke Polsek Wonoasri pagi harinya. Kepada penyelidik, petugas mengaku sudah mematikan sisa pembakaran sebelum ditinggal pulang. Namun, kuat dugaan api belum sepenuhnya padam. ‘’Lalu, bara api terbawa angin dan jatuh ke tumpukan sampah yang dapat didaur ulang,’’ bebernya.

Keberadaan bahan mudah terbakar di lokasi membuat kobaran api cepat membesar. Seperti plastik, kardus, dan bahan lainnya. Api berhasil dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran (damkar) didatangkan. Warga setempat membantu upaya pemadaman. Karena konstruksi TPS bukan dari bahan mudah terbakar, atap bangunan masih utuh. ‘’Api membakar kendaraan keperluan angkutan TPS,’’ ungkap kapolres.

Muslich tidak menampik ada unsur kelalaian dari petugas TPS. Yakni, kurang berhati-hati saat meninggalkan sisa pembakaran. Namun, pihaknya tidak melakukan penyelidikan lebih lanjut. ‘’Pemdes sudah menerima kejadian tersebut,’’ pungkasnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close