Bakar Sampah, Nyaris Sambar Rumah

58
TERBAKAR: Petugas PMK berusaha memadamkan api yang menyala besar ditumpukan sampah hingga nyaris merembet ke rumah penduduk Selasa (16/7).

MAGETAN – Kepulan asap membubung di kawasan Desa Pelem, Kecamatan Karas, Selasa siang (16/5). Nyala api nyaris menyambar bangunan semipermanen yang ada di dekat tumpukan sampah terbakar tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam insiden di daerah padat penduduk itu. ‘’Ada yang membakar sampah,’’ kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Magetan, Wawang Antarikso.

Begitu mengetahui api semakin besar, warga berusaha memadamkannya dengan peralatan seadanya. Namun, upaya itu tidak berhasil. Api semakin besar dan mulai merembet ke bangunan yang dekat dengan tumpukan sampah tersebut. Karena khawatir keadaan semakin buruk, warga menghubungi petugas pemadam kebakaran (PMK)

Setidaknya dua mobil PMK dikerahkan. Usaha pemadaman tak berjalan lancar. Sempitnya jalan menuju lokasi kebakaran menjadi penyebabnya. Mobil pemadam tidak bisa leluasa menuju titik api karena keterbatasan akses.

Akibatnya, api dengan cepat merembet dan menghabiskan beberapa tumbuhan kering di sekitar lokasi. Sekitar setengah jam kemudian, api baru berhasil dipadamkan. ‘’Kalau tidak dipadamkan bisa membakar rumah penduduk,’’ ungkap Wawang.

Pihaknya sangat mengharapkan masyarakat untuk lebih hati-hati dalam melakukan aktivitas bakar sampah. Tentunya dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan cuaca. ‘’Saat kejadian itu, angin juga bertiup kencang. Tentu ini perlu menjadi kewaspadaan masyarakat,’’ ujarnya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here