Bakar Sampah, Limbah Plastik Berkobar

20
MENGHITAM: Petugas damkar dari pemkot dan Pemkab Madiun berusaha memadamkan api yang menyala di lahan pengelolaan limbah plastik di Desa Karangrejo, Wungu, Senin (7/10).

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Lahan pengelolaan limbah plastik di Desa Karangrejo, Kecamatan Wungu, membara Senin (7/10). Kebakaran diduga dipicu oleh kelalaian pekerja yang melakukan pembakaran sampah di dekat lokasi kejadian.

Nyala api yang diikuti asap hitam pekat sulit dipadamkan oleh dua unit mobil damkar milik pemkab dan Pemkot Madiun. Belum lagi kencangnya angin memperbesar nyala api dan merembet ke tumpukan limbah plastik lain. ‘’Lahan yang terbakar mencapai sekitar 300 meter persegi,’’ kata Tjoa Kian Tiong alias Budianto, pemilik pabrik plastik di Karangrejo.

Tumpukan plastik yang terbakar itu rencananya akan diolah kembali menjadi bahan jadi. Meski demikian, Budianto mengaku tidak tahu persis bagaimana kebakaran bisa terjadi. ‘’Saya kurang tahu pasti penyebabnya. Dimungkinkan karena cuaca panas, sehingga membuat bahan plastik mudah meleleh dan terbakar,’’ ujarnya.

Kasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Madiun Agus Wardoyo mengungkapkan, nyala api sempat menyambar bangunan rumah Budianto. Beruntung hal itu bisa dicegah oleh petugas damkar. Dia menduga api muncul dari sisa pembakaran sampah di sekitar lokasi kejadian. ‘’Kecil kemungkinan kalau kebakaran ini terjadi dari dampak kemarau,’’ katanya.

Agus menambahkan, sampai dengan saat ini sudah terjadi tiga kasus kebakaran di Kabupaten Madiun. Faktornya dipicu kelalaian warga dalam membakar sampah. (mgc/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here