Bajindul Buka Jasa Transportasi hingga Toko Pertanian

912

SUKSES meraup penghasilan jutaan rupiah tak membuat Parindra ‘Bajindul’ Sidik Cahyono berleha-leha. Pria 27 tahun itu memanfaatkan menggunakan penghasilannya dari YouTube untuk membuka usaha di kampungnya. Mulai sewa minibus dan mesin pengaduk semen (molen), hingga toko pertanian. ‘’Alhamdulillah bisa buat modal,’’ ujarnya.

Bajindul terlibat langsung dengan jasa sewa minibus dan molennya itu. Dia sendiri yang menyetir saat ada customer yang menyewa kendaraannya. Begitu pula dengan persewaan molen, dia dengan ringan tangan mengantar ke konsumen.

Sementara, sang istri dipasrahi menunggu toko pertanian di depan rumah. ‘’Daripada diam, nanti stres. Lagi pula bukan pekerjaan berat,’’ kata pria asli Gresik itu sembari menyebut istrinya kini tengah hamil tua.

Selain aktif membuat konten video, waktu senggang Bajindul kini dimanfaatkan untuk berkutat dengan replika tanaman hias. Bahan bakunya batang pohon dan bonggol kayu. Kemudian, dipelitur dan ditancapi dedaunan. Bagian bawahnya dicor agar bisa berdiri tegak. ‘’Ini hobi baru,’’ ucap Bajindul.

Kayu-kayu itu didapatnya dari lingkungan sekitar. Sebagian milik tetangganya yang hendak dijadikan kayu bakar. Pun, kerajinan buatannya pernah ditawar orang ratusan ribu. Namun, Bajindul belum berniat mengkomersilkan replika tanaman hias buatannya. ‘’Masih mau saya kembangkan dulu,’’ sebutnya.

Dari berbagai usaha yang dilakoninya, Bajindul ingin memberikan inspirasi. Terutama bagi mereka yang mengeluh sulit memperoleh pekerjaan. ‘’Tinggal kejelian memanfaatkan kesempatan. Termasuk penggunaan gadget, jangan hanya untuk berselancar di dunia maya, tapi dimanfaatkan untuk menghasilkan rupiah,’’ katanya.

Dia juga berpesan agar tidak gengsi melakoni pekerjaan apapun, sejauh itu halal. Bajindul mengingat, saat masa-masa susahnya di Korea dulu, libur akhir pecan dimanfaatkan untuk bekerja paruh waktu, seperti menyangkul. ‘’Usaha tidak mengkhianati hasil,’’ pungkasnya. (bel/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here