Bahas Restorasi Benteng Pendem, Bupati ke KemenPUPR

92

NGAWI – Restorasi Benteng Van den Bosch kian dekat dengan kenyataan. Hari ini Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono dijadwalkan menemui pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) di Jakarta. ”Kami diundang oleh KemenPUPR. Agendanya pemantapan rencana pemugaran benteng,” kata Sekda Ngawi Mokh. Sodiq Triwidiyanto kemarin (11/2).

Sodiq menjelaskan, secara umum bupati bakal menyampaikan sejumlah gagasan terkait rencana revitalisasi yang sudah dituangkan dalam bentuk detail engineering design (DED). Juga memberikan masukan kepada pihak KemenPUPR soal prioritas pekerjaan revitalisasi benteng tahun pertama dan kedua.

Hal itu sekaligus memperjelas kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan proses restorasi benteng selesai dalam dua tahun ini. ”Nanti akan disampaikan semacam guidance, untuk tahun pertama mana yang direvitalisasi dan tahun kedua mana,” ujarnya.

Intinya, kata Sodiq, pemkab ingin mengamankan kebijakan presiden untuk merevitalisasi bangunan yang dikenal dengan sebutan Benteng Pendem itu dalam waktu dua tahun. ”Kami juga akan mendengarkan apa masukan pihak kementerian mengenai rencana restorasi,” tuturnya.

Sodiq tidak menampik kemungkinan pihak kementerian memiliki konsep sendiri. Pun, pihaknya tidak mempermasalahkannya. ‘’Yang jelas, arah dari proses restorasi benteng tidak boleh keluar dari nilai sejarah,” tegasnya.

Informasi yang dihimpun, perwakilan sejumlah instansi ikut mendampingi bupati dan sekda ke KemenPUPR hari ini. Di antaranya, dari badan perencanaan pembangunan penelitian dan pengembangan (bappelitbang), badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD), serta dinas pariwisata pemuda dan olahraga (disparpora).

Juga dari dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR), dinas perumahan dan kawasan permukiman (perkim), dinas lingkungan hidup (DLH), komandan Batalyon Artileri Medan 12/Angicipi Yudha Ngawi, serta kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ngawi. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here