Bagi-bagi Uang Rp 70 Ribu, Seseorang Diamankan Bawaslu

315
FOTO: NUR WACHID/RADAR PONOROGO

PONOROGO – Dugaan praktik money politics terjadi di Desa/Kecamatan Jenangan, Ponorogo. Berdasar laporan warga setempat, Bawaslu mendapati adanya sesesorang berinisial A yang membagi-bagikan amplop berisi sejumlah uang kepada masyarakat. Pria berusia 30 tahun itu telah dimintai keterangan dan diamankan oleh Bawaslu pada Minggu (14/4).

Dari tangan A, petugas pengawas pemilu itu mengamankan barang bukti uang senilai Rp 1,3 juta terdiri dari pecahan Rp 50-an ribu dan Rp 20-an ribu. Pun petugas juga mengamankan daftar nama calon penerima. ‘’Hari ini kami lakukan pendampingan dan investigasi, serta klarifikasi,’’ kata Koordinator Divisi (Kordiv) Penindakan Bawaslu Ponorogo Marji Nurcahyo.

Marji mengatakan uang tersebut bakal diberikan kepada nama-nama yang tertera dalam daftar penerima. Rencananya masing-masing pemilih diberi uang Rp 70 ribu. Selanjutnya penerima disarankan memilih calon tertentu dalam lemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019. ‘’Pelapor ini rupanya disuruh seseorang yang masih kami telusuri,’’ lanjutnya.

Dia mengungkapkan terlapor disuruh oleh salah satu calon legislatif (caleg) daerah pilihan (dapil) 2 yang akan maju ke DPRD kabupaten. Kendati demikian, Bawaslu belum bisa memberikan kesimpulan. Termasuk sanksi yang akan dikenakan kepada yang bersangkutan. ‘’Masih kami lakukan proses pemeriksaan lanjutan,’’ ungkapnya. (mg7/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here