Magetan

Baca Buku Perpustakaan Bisa Selonjoran

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Baca buku perpustakaan tidak melulu di dalam ruangan. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Magetan menyediakan ruang baca terbuka untuk para pengunjungnya. Lokasinya berada di sebelah selatan gedung perpustakaan yang kini direnovasi. ‘’Menciptakan kesan perpustakaan itu bisa santai, bukannya tegang,” kata Kabid Pengembangan Perpustakaan Dinas Arpus Magetan Dwi Suprih.

Posisi membaca para pengunjung tidak harus duduk di kursi. Melainkan bisa sambil selonjoran di lantai. Mereka bisa leluasa bergerak, terutama pengunjung pelajar yang ingin berdiskusi. Membawa makanan dan minuman juga diperbolehkan. Meski terbuka, dinas arpus tetap menyediakan koleksi buku di rak. Namun, jumlahnya tidak sebanyak ruang baca utama. “Selain memperbanyak ruang publik, konsep ini untuk meningkatkan minat baca,” ujarnya.

Dwi menyebut, gedung perpustakaan bakal difasilitasi wifi tanpa sandi. Bila referensi yang dicari tidak ditemukan, pengunjung bisa mengakses e-book. Beberapa titik juga akan dirombak sebagai ruang baca. Seperti tempat parkir sisi utara dan depo arsip seandainya jadi dipindah. Ruangan juga bisa difungsikan pemustaka. ‘’Cukup dengan pemberitahuan kalau ingin menggunakan tempat agar jadwalnya tidak bentrokan,” terangnya.

Diketahui, dinas arpus merehabilitasi gedung perpustakaan dengan anggaran Rp 1,5 miliar. Lantai atas difungsikan sepenuhnya untuk kantor dinas itu. Sedangkan pelayanan dipindah lantai bawah. Tempat itu sebelumnya untuk kantor badan kesatuan bangsa dan politik. (bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close