Pacitan

Awas, Ledakan Kasus Arjowinangun

167 Warga Dites Swab, Hasil Maksimal Keluar Sepekan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Potensi ledakan kasus Covid-19 sepertinya sudah siap dihadapi oleh pemkab. Setelah Sabtu lalu (22/8) mereka merampungkan pelaksanaan swab test terhadap 163 warga RT 01, RW 04, Dusun Barang, Desa Arjowinangun, Kecamatan Pacitan, dan tambahan empat orang dari dusun lain.

Pemeriksaan itu dilakukan seiring terjadinya kasus transmisi lokal di lingkungan tersebut. Sudah ada delapan warga yang terpapar korona. Tiga di antaranya telah sembuh dan sisanya masih dirawat di wisma atlet.

Jubir Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto mengapresiasi minat warga yang begitu tinggi untuk dilakukan tes usap. Sehingga persebaran kasus bisa dideteksi dan dicegah. ‘’Kami berharap, dari ratusan sampel yang diambil, hasilnya tidak ada yang positif,’’ ujarnya Minggu (23/8).

Tiga bilik disiapkan TGTP untuk proses pengambilan sampel. Tenaga kesehatan yang bertugas juga melengkapi diri dengan pakaian hazmat. Selanjutnya hasil swab test dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya untuk dites menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR).

‘’Warga yang diperiksa kami lakukan pendataan. Semisal hasilnya ada yang positif, kami langsung lakukan treatment,’’ kata dr Netty Nurnaningtyas, koordinator lapangan swab test dari RSUD dr Darsono.

Dia menambahkan, hasil swab test dapat diketahui paling cepat 4–5 hari dan maksimal sepekan. Netty berharap seluruhnya negatif Covid-19. Sehingga, masyarakat bisa kembali beraktivitas. ‘’Yang positif akan diisolasi,’’ tegasnya. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close