Asyiknya Ngabuburit di Atas Bukit

101

PACITAN – Berada di atas ketinggian menjadikan  bukit Sentono Gentong di Desa Dadapan, Pringkuku, Pacitan, jujukan tempat ngabuburit. Segarnya angin serta indahnya pemandangan dengan view kota Pacitan dan teluknya membuat para pengunjung betah berlama-lama di tempat tersebut.

Apalagi, di lokasi tesebut telah dilengkapi fasilitas lumayan lengkap. Ada musala, gazebo, toilet hingga warung makanan dan minuman siap memanjakan para pengunjung yang datang. ‘’Di sini enak, udaranya segar. Cocok untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka,’’ ujar Liliana Sari, salah seorang pengunjung, Jumat (17/5).

Cukup ditempuh 15 menit dari kota Pacitan. Setiap hari objek wisata yang dibuka awal 2018 silam itu tak pernah sepi pengunjung. Puluhan hingga ratusan wisatawan memadati bukit yang konon terdapat gentong peninggalan zaman dulu itu. Bahkan, setiap akhir pekan serta liburan, jumlah wisatawan naik hingga dua kali lipat sejak pagi hari. ‘’Bagusnya waktu pagi bisa lihat matahari terbit di atas laut,’’ ungkap warga Ploso, Sidoharjo, Pacitan, itu.

Selain tempat ngabuburit, sejak awal Ramadan lalu tak sedikit para pengunjung bermalam di bukit ini. Mereka mendirikan tenda di sekitar tebing sembari menikmati pemandangan kemerlip lampu kota Pacitan dari atas bukit. Plus karang yang tersorot lampu di sekitar bukit juga menambah daya tarik objek wisata yang dikelola desa setempat itu.

Bukit Sentono Gentong ini juga dijadikan atlet paralayang setempat sebagai tempat berlatih. Awal mei lalu misalnya, latihan yang digelar bebarengan weekend itu menambah daya tarik pengunjung. Rencananya, dalam waktu dekat, pengurus olahraga dirgantara ini bakal menggelar tandem bagi pengunjung dengan sistem reservasi terbang. ‘’Sudah ada rencana, tapi harus daftar dulu,’’ ujar Rina Susiantri, salah seorang pengelola.

Meski sudah layak diacungi jempol, imbuh Rina, pembanguan wisata Sentono Gentong bakal terus berlanjut. Dalam waktu dekat beberapa wahana dan fasiltas bakal ditambah. Pun perbaikan akses wisata terutama jalan menuju bukit akan terus dipercantik untuk mempermudah wisatawan lewat. ‘’Kendaraan bisa sampai di atas bukit jadi gak perlu khawathir jalan kaki waktu puasa jika mau ngabuburit di sini,’’ bebernya. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here