ASN Pemkab Ngawi Mendadak Putih-Hitam

52

NGAWI – Ini masih tentang ASN. Pemandangan berbeda terlihat di instansi pelat merah sejak beberapa hari terakhir. Jika biasanya setiap Selasa dan Rabu para abdi negara mengenakan seragam khaki dan batik, kali ini memakai atasan putih serta bawahan hitam. ‘’Untuk sementara saja, selama peringatan Hari Tbc (Tuberkulosis, Red) Sedunia,’’ kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ngawi Mokh. Sodiq Triwidiyanto kemarin (9/4).

Sodiq menjelaskan, penggunaan seragam putih dan hitam itu mengacu surat edaran bupati Ngawi Nomor: 003.4/03.62/404.011/2019 tentang Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh pada 24 Maret lalu. ‘’Berakhirnya sampai tanggal 24 April nanti,’’ ujarnya kepada Radar Ngawi.

Kenapa harus putih-hitam? Sodiq menyebut karena sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terutama jika ada momen peringatan hari tertentu. Selain itu, lanjut dia, dimaknai sebagai semangat bekerja keras untuk melayani masyarakat. ‘’Tidak hanya staf, para kepala dinas juga wajib pakai seragam itu,’’ tuturnya.

Sodiq menampik penggunaan seragam putih-hitam tersebut ada kaitannya dengan politik. Itu mengingat baju putih identik dengan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden. ‘’Murni untuk memperingati Hari Tbc Sedunia, sekalian sama mengingatkan ASN agar lebih giat lagi dalam melayani masyarakat,’’ pungkasnya. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here