MadiunPeristiwa

Apes! Kaki Surati Ketiban Reruntuhan Rumah

Penyebab Ambruk Diduga Bangunan Lapuk

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Surati, warga Dusun/Desa Segulung, Dagangan, Kabupaten Madiun, terisak. Perempuan 53 tahun itu duduk selonjor di rumah tetangganya Rabu (5/8).

Dia meringis kesakitan saat salah seorang kerabat tidak sengaja menyenggol kakinya yang luka. Bagian tubuhnya yang terbalut selimut itu kena material reruntuhan rumahnya. ‘’Ambruknya (rumah Surati) Selasa malam (4/8),’’ kata Agus Yulianto, keponakan Surati.

Agus menyebut, kondisi bibinya masih shock. Selain karena kejadian yang nyaris menghilangkan nyawanya, tempat tinggalnya juga rata tanah. ‘’Kami hanya bisa pasrah. Sementara menumpang di rumah tetangga,’’ ujarnya.

Rumah dihuni empat orang. Selain Agus dan Surati, ada Sugito, suami Surati, dan Darmaji, anak keduanya. Bapak-anak itu tidak ada di rumah saat kejadian. ‘’Hanya saya dan bibi di dalam rumah,’’ sebut Agus.

Agus mengungkapkan, peristiwa ambruknya rumah berlangsung sangat cepat. Sebelum runtuh, dia sempat mendengar suara retakan dari atap rumah. Sadar rumah akan ambruk, dia langsung mengajak Surati keluar. Sayangnya, bibinya jatuh tersungkur dan kena reruntuhan. ‘’Saya lari ke belakang, dia (Surati, Red) ke depan,’’ paparnya.

Agus yang selamat lantas minta pertolongan tetangga. Surati berhasil diselamatkan, namun kakinya terluka. Bangunan seluas 54 meter itu sudah tidak lagi berbentuk. Kayu, batu bata, dan genting menjadi satu. Lemari, televisi, dan perabotan lainnya tertimbun puing reruntuhan. ‘’Rumah memang sudah tua, kondisinya miring,’’ ujarnya sembari menduga penyebab ambruk karena fondasi bangunan sudah lapuk.

Kemarin warga bersama petugas gabungan menggelar kerja bakti. Sejumlah bagian bangunan yang sekiranya masih dapat digunakan, dipinggirkan. ‘’Perkiraan kerugian sekitar Rp 75 juta,’’ kata Ketua Desa Tanggap Bencana (Destana) Segulung Wirasno. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close