Antisipasi Aksi Massa Solidaritas Pesilat, PN Pacitan Dijaga Ketat

103

PACITAN – Sidang lanjutan perkara kekerasan yang menewasakan korban dengan terdakwa dua pesilat digelar di Pengadilan Negeri (PN) Pacitan kemarin (17/1). Seperti sehari sebelumnya, ketika sidang ditunda, ratusan personel aparat gabungan bersiaga untuk mengantisipasi kehadiran ratusan massa aksi solidaritas.

Namun, hingga sidang usai, tak ada massa serbahitam yang mendatangi PN. Hanya beberapa pesilat dengan atribut mereka terlihat di PN. Sebaliknya, ratusan personel keamanan berjaga di sekitar lokasi. ‘’Tetap. Hari ini (kemarin, Red) kami lakukan pengamanan,’’ kata Kasubag Humas Polres Pacitan AKP Djamin ditemui di lokasi.

Berbeda dengan sehari sebelumnya, pihaknya tidak menerima pemberitahuan akan ada aksi massa. Namun, pihaknya tidak ingin kecolongan. Sedikitnya 324 petugas gabungan Polres Pacitan yang di-back up TNI dan Brimob Polda Jatim diterjunkan untuk pengamanan. ‘’Kami tidak menilai ada kerawanan. Kami hanya melakukan pengamanan sesuai prosedur,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, dua hari terakhir terus melakukan penjagaan di sekitar PN Pacitan. Itu lantaran sidang dengan agenda pemeriksaan saksi ditunda hingga kemarin. Meski tak ada pengerahan massa, dia membenarkan sempat muncul ajakan pengerahan simpatisan di media social, Selasa lalu (15/1). ‘’Kami tetap mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, jadi meskipun tak ada pemberitahuan tetap kami jaga,’’ tuturnya.

Bahkan, pihaknya bakal terus melakukan pengamanan sembari mengikuti jalannya sidang di PN. Pun mengantisipasi pengerahan massa seperti sidang-sidang sebelumnya. Pihaknya tak ingin seperti aksi sebelumnya yang sempat membuat gaduh di kejaksaan negeri setempat. ‘’Saat itu ada beberapa simpatisan yang berbelok ke kejaksaan, sehingga membuat massa lainnya ikut berhenti,’’ ungkap Djamin.

Kemarin, petugas gabungan siaga sejak pukul 10.00. Meski hujan mengguyur, tak menyurutkan petugas melakukan pengamanan. Tiga jam berselang sidang dimulai. Sidang usai selepas pukul 16.00 sore. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here